Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Abon Lele Spesial Gurih

Resep Abon Lele Kering Spesial Asli Gurih dan Nikmat Buatan Sendiri Ala Rumahan (Homemade). Abon merupakan makanan ringan praktis yang sering dijadikan pelengkap untuk campuran roti tawar, lemper, bubur ayam bahkan nasi putih biasa. Dari segi penampilan barangkali mungkin sangat sederhana namun jangan salah dengan rasanya, bervariasi macamnya. Ada rasa gurih, asin, manis, pedas dan lainnya. Bahan yang sering kali digunakan adalah daging sapi, namun sekarng sudah mulai dimodifikasi dengan bahan lainnya seperti daging kambing, tuna, udang, belut dan lele.

Gambar Resep Abon Lele Ala Rumahan

Menurut wikipedia, abon sendiri bisa juga disebut makanan yang terdiri dari serat daging hewan. Tesktur warna coklat sampai hitam muncul akrena dibumbui dengan kecap. Abon ini sering disajikan dalam keadaan kering dimana kadar air dihilangkan sampai tidak ada. Makanan sederhana ini bisa awet sampai bulanan jika disimpan dalam wadah yang tertutup rapat. Lain halnya dengan abon basah yang sangat mudah basi dan tidak awet untuk disimpan dalam jangka waktu yang lama.

Pada umumnya abon dijadikan tambahan lauk pauk di meja makan. Ada juga yang menjadikannya camilan langsung santap saat santai. Abon yang sering ditemui di pasar atau toko oleh-oleh adalah yang berbahan sapi. Nahh disini kami sengaja memberikan informasi kreasi pembuatan abon dengan bahan ikan lele. Barangkali bunda masih belum familiar atau mungkin akan terlintas dalam pikiran apakah ini juga enak. Silahkan dicoba buktikan rasanya dengan bikin sendiri dirumah melalui ulasan resep dari kami. Siapa tahu bisa jadi peluang usaha yang bagus kedepannya karena saat ini asih jarang ditemui abon jenis ini.

RESEP ABON LELE SEDERHANA

BAHAN :
  • 500 gram ikan lele (5 ekor ikan)
  • 150 gram cabai merah/sesuai selera
  • 100 gram gula merah, parut halus
  • 21 buah bawang merah
  • 14 siung bawang putih
  • 5 lembar daun salam
  • 2 sendok makan ketumbar
  • 1 liter santan
  • garam sesuai selera
CARA MEMBUAT ABON LELE :
  1. Cuci bersih lele dan potong sesuai selera. Setelah itu, kukus dengan api sedang sampai empuk dan matang. Tiriskan.
  2. Jika sudah, pisahkan duri dan dagingnya lalu tumbuk serta suwir-suwir sampai habis.
  3. Langkah selanjutnya, haluskan bawang merah, cabai, bawang putih, ketumbar, gula merah dan garam.
  4. Kemudian tumis bumbu yang sudah dihaluskan sampai harum dan masukkan santan serta daun salam. Aduk rata.
  5. Terakhir, masukkan lele dan aduk sampai matang berwarna kecoklatan dan bumbu meresap ke daging.
  6. Abon lele siap dinikmati.