Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Bubur Jagung Aceh Ga Pake Ribet

Resep Bubur Jagung Sederhana Citarasa Manis Spesial Asli Enak dan Lembut. Lidah kita pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan lembut yang sering dijadikan sarapan ini. Anda pasti sudah bisa menebaknya bukan...Ya bubur namanya. Variasinya saat ini sudah begitu beragam mulai dari bubu kacang hijau, ketan hitam, sumsum, nasi merah dan bubur ayam. Istimewanya makanan ini adalah dapat dikonsumsi semua kalangan baik anak-anak maupun orang lanjut usia.

Gambar Resep Bubur Jagung Asli Lembut Khas Aceh

Ada satu bubur yang unik, barangkali anda belum pernah mendengarnya yaitu bubur jagung. Memang terdengar aneh ditelinga kita karena masih jarang untuk menemuinya disekitar kita. Sebenarnya bubur ini khas dari Aceh yang berawal dari kios Teuku Chaidil "Aceh Jezz Bubur". Warung ini selalu ramai dikunjungi apalagi saat bulan puasa. Awalnya dia dan istrinya mencoba mengembangkan bubur yang berbeda dari yang lain. Mereka mencoba membuat kreasi baru yang memberikan kesan berbeda. Akhirnya usahanya tidak sia sia dan kini kiosnya ramai bahkan ada yang rela antri.

Kunci dari kelezatan bubur jagung ini terletak pada pemilihan bahan baku. Bahan yang digunakan adalah jagung manis berkualitas tinggi yang tidak terlalu matang namun juga tidak terlalu muda tapi harus memiliki butir yang besar. Proses pembuatannya cukup sederhana yaitu dengan membagi jagung menjadi 3 bagian, jagung serut, jagung halus dan pipil utuh.

Hidangan jagung ini sangat pas disantap saat cuaca dingin. Bubur ini juga sangat cocok untuk makanan bayi 6 bulan. Jika anda saat ini memiliki bayi, sangat cocok untuk memberikannya menu ini. Bagi anda yang berminat mencoba bikin bubur jagung ini, silahkan baca resepnya berikut ini.

RESEP BUBUR JAGUNG KHAS ACEH

BAHAN :
  • 500 mililiter santan
  • 150 gram jagung manis yang di pipil
  • 100 gram gula pasir
  • 100 gram sagu mutiara
  • 5 lembar daun pandan
  • 2 sendok makan maizena encer
  • 2 sachet susu kental manis gold
CARA MEMBUAT BUBUR JAGUNG ACEH :
  1. Siapkan jagung dan bagi untuk diserut kasar, halus dan dibiarkan pipil utuh.
  2. Rebus sagu dengan api sedang dan masukkan santan, daun pandan beserta garam. Masak sampai mendidih.
  3. Jika sudah, masukkan jagung pipil utuh dan tambahkan gula. Aduk rata.
  4. Setelah itu, Masukkan jagung pipil yang sudah diserut dan halus ke dalam adonan. Aduk sekali lagi.
  5. Kemudian tambahkan maizena encer dan masak sampai menjadi bubur yang kental.
  6. Apabila sudah matang, sajikan di mangkuk selagi panas.
Sajian bisa dikreasikan dengan potongan roti, taburan keju dan bisa pakai es jika mau dingin.