Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Jamur Enoki Goreng Asli Enak

Resep Jamur Enoki Sederhana Spesial Krispi Asli Enak. Camilan ringan berbahan jamur saat ini makin digandrungi banyak orang terutama anak muda. Biasanya mereka menjadikannya sebagai pelengkap saat santai bersama teman atau sekedar nonton film. Salah satu bahan yang sering digunakan adalah jamur enoki. Mungkin sebagian dari anda masih belum familiar dengan jamur ini. Maka dari itu kami sengaja mengulas mengenai jamur enoki terlebih dahulu sebelum masuk ke resep masakannya.

Gambar Resep Jamur Enoki Crispy Banget

Enoki atau sering disebut enokikatke ini merupakan jenis jamur pangan dengan bentuk memanjang yang berwarna putih. Tekstur kulit mirip tauge/tokolan. Jamur ini agak unik yang mana habitatnya berkelompok pada batang, akar dan cabang pohon kesemek dan murbei baik yang mati maupun hidup. Jamur ini lebih banyak berkembang di Jepang terutama saat musim gugur sampai musim semi.

Sekarang ini jamur enoki sudah dibudidayakan di selutuh negara dengan teknik pembudidayaan yang berbeda-beda. Di Indonesia sendiri juga sudah mulai membudidayakan jamur ini sebagai bahan pangan yang berkualitas tinggi. Tidak semua orang tahu akan gizi didalamnya. Perlu diketahui bahwa mengkonsumsi enoki dapat memberikan efek yang baik untuk tubuh.

Kandungan gizi yang ada didalamnya berupa protein, vitamin B dan mineral sehingga berguna sebagai anti bakteri dan virus. Tidak hanya itu jamur ini juga sangat baik untuk menurunkan kolestrol, menstabilkan tekanan darah serta meningkatkan sistem imun. Bagi penderita diabetes juga tidak perlu khawatir karena bahan pangan ini tidak mengandung gula.

OLAHAN RESEP MASAKAN JAMUR ENOKI

Nahh kami yakin anda sudah cuku paham mengenai jamur enoki. Jamur yang satu ini sudah dapat ditemukan di supermarket atau swalayan dengan harga yang relatif murah. Sebelum dikonsumsi bagian akar dihilangkan terlebih dahulu. Olahan masakan yang sering menggunakan bahan ini adalah salad atau sup. Namun saat ini sering diolah menjadi gorengan krispi. Biasanya disajikan bersama saus sambal atau mayonaise. Jika dibuat camilan krispi tentu akan lebih disukai karena memang tabiat masyarakat Indonesia suka dengan gorengan. Disini kami akan memberikan satu resep yang menggunakan bahan enoki yang tentunya simple dan enak serta bisa dijadikan tambahan camilan dirumah. Di lain waktu kami juga akan mencoba memberikan informasi variasi olahan masakan lain berbahan jamur ini.

BAHAN UTAMA :
  • 100 gram jamur enoki (1 bungkus)
  • minyak goreng secukupnya
BAHAN PENCELUP :
  • 60-80 mililiter air es
  • 2 sendok makan tepung terigu
  • 1 sendok makan maizena
  • 1 siung bawang putih, haluskan
  • 1/4 sendok teh baking powder
  • garam/kaldu bubuk secukupnya
BAHAN PELAPIS :
  • 6 sendok makan tepung terigu
  • 3 sendok makan tepung maizena
  • 2 sendok makan keju parmesan
  • secukupnya garam
CARA MEMBUAT JAMUR ENOKI :
  1. Buang akar enoki dan bersihkan dengan air lalu pisahkan perbatang.
  2. Campur semua bahan pencelup sampai rata. Kemudian masukkan jamur ke dalam adonan celupan.
  3. Langkah selanjutnya, campur semua bahan pelapis dan aduk sampai tercampur semua.
  4. Masukkan jamur yang sudah dicelup ke dalam adonan pelapis. Guling dan bolak balik sampai terlapisi sempurna.
  5. Panaskan minyak dengan api sedang dan goreng jamur sampai matang berwarna keemasan. Lakukan sampai habis.
  6. Jika sudah matang, angkat dan sajikan dengan saus sambal.