Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Lontong Isi Sederhana Enak

Resep Lontong Isi Tanpa Santan Sajian Untuk Hari Raya Asli Lezat. Lontong adalah jenis makanan tradisional khas Indonesia yang terbuat dari beras yang dibungkus lalu dikukus. Sepertinya sih biasa aja namun yang menjadi istimewa adalah pemakaian daun pisang yang mana membuat tekstur tampilan luar hijau dan putih didalam. Dari daun ini juga memberikan aroma yang khas pada lontong.

Gambar Resep Lontong Isi Asli Mantap

Sekarang, makanan ini sudah bisa ditemukan di berbagai daerah sebagai pengganti nasi. Tidak sedikit warung makan yang menjajakan menu sajian berbahan utama lontong. Biasanya makanan bungkusan ini dihidangkan bersama opor, gulai dan soto. Jika berada saat Hari Raya pasti akan menemui makanan legit ini disamping ketupat.

Sebenarnya cara memasaknya bisa tidak memakai daun pisang yang mana menggunakan alat modern yaitu memakai rice cooker namun akan ada perbedaan citarasa yang berbeda jika memasaknya dengan cara tradisional. Langkah pembuatannya terbilang sederhana dan praktis. Salah satu kunci agar tekstur padat adalah pemilihan beras yang cocok, usahakan memilih beras kualitas terbaik. Penggunaan kadar air juga penting karena jika terlalu banyak akan lembek atau jika terlalu sedikit lontong akan tidak pulen.

Olahan masakan berbahan beras ini sebenarnya tidak hanya polosan tanpa isi. Saat ini variasinya cukup beragam, ada yang dengan isian berupa daging cincang, sambal tumpang, sambal goreng ati dan lainnya. Kali ini kami mengulas jenis lontong dengan isian kombinasi sayuran dan daging. Tentunya ini tidak kalah enaknya dengan variasi lainnya. Jika bunda ingin mencoba bikin sendiri, silahkan dibaca resep berikut ini sambil dipraktekkan.

RESEP LONTONG ISI SPESIAL

BAHAN UTAMA :
  • 2 cangkir beras
  • 3 buah wortel di potong kotak kotak
  • 5 buah buncis potong kecil kecil
  • 5 sendok makan daging giling
  • 5 lembar daun pisang
  • air secukupnya
BAHAN BUMBU (HALUSKAN) :
  • 2 siung bawang merah
  • 1 siung bawang putih
  • 1 sendok teh kaldu bubuk
  • 1 sendok teh lada bubuk
  • 1 sendok teh garam
CARA MEMBUAT LONTONG ISI :
  1. Tanak nasi menjadi nasi aron. Tambahkan sedikit garam.
  2. Sambil menunggu, tumis bumbu halus sampai harum.
  3. Tambahkan buncis, wortel dan daging giling. Tuang air secukupnya sampai matang dan menyusut airnya. Cek rasa.
  4. Jika nasi sudah menjadi aron, siapkan daun pisang dan sobek dengan ukuran sesuai selera untuk membungkus nasi.
  5. Ambil 1 sendok nasi ukuran besar dan pipihkan rata lalu tuang tumisan daging ditengahnya. Setelah itu, tutup lagi dengan nasi.
  6. Gulung-gulung sampai membentuk seperti lontong. Rekatkan ujung dengan lidi. Lakukan sampai habis.
  7. Kukus lontong selama kurang lebih 15 menit. Jika sudah matang, angkat dan sajikan selagi hangat.
Jika ingin rasa pedas bisa ditambah cabai giling pada bumbu halusnya. Boleh juga ditambah daun pandan agar aroma lebih harum. Namun itu semua tergantung selera anda, dari resep diatas sudah cukup enak juga kok.... Selamat mencoba!.