Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Nasi Jagung Tradisional

Resep Nasi Jagung Kukus Proses Pembuatan Sendiri dengan Penyajian Sederhana Spesial Asli Enak. Nasi jagung adalah makanan yang sering disantap oleh orang-orang yang sedang melakukan program diet. Makanan ini berbahan dasar jagung tua yang ditumbuk atau istilahnya meniran. Nasi ini sangat populer dikalangan masyarakat Jawa. Alasan utama muncul nasi jagung adalah sebagai pengganti nasi putih. Zaman dulu masyarakat masih kesusahan untuk membeli beras putih sehingga jagunglah yang menjadi bahan makanan sehari-hari.

Foto Resep Nasi Jagung Homemade

Walaupun murah, nasi jagung juga tak kalah tinggi nutrisinya dari nasi biasa. Perbedaan mendasar antara nasi jagung dan nasi putih adalah terletak pada kandungan karbohidratnya. Pada nasi jagung, tingkat karbohidratnya lebih kompleks yang mana sistem pencernaan menyerap dan mencernanya lebih lambat sehingga kadar gula tidak naik secara signifikan. Hal ini sangat bermanfaat bagi penderita diabetes.

Sebenarnya manfaat mengkonsumsinya masih banyak. Berikut ini kami informasikan sedikit manfaat nasi jagung.

1. Meningkatkan kesehatan tulang

Kandungan fosfor, magnesium serta kalsium didalam nasi ini dapat mencegah kerapuhan tulang. Tulang jadi lebih sehat dan kuat. Bagi anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, cocok sekali untuk mengkonsumsi nasi jagung secara rutin.

2. Mengatasi gangguan saluran pencernaan

Kandungan serat dalam makanan berbahan jagung ini sudah memenuhi kebutuhan asupan perhari yaitu 18% sehingga dapat melancarkan fungsi pencernaan dan terhindar dari penyakit sembelit atau wasir.

3. Terhindar dari resiko kanker

Serat dalam nasi jagung tidak hanya untuk pencernaan saja tetapi juga untuk mencegah resiko terkena kanker usus. Kandungan asam fenolik yang ada didalamnya juga berfungsi sebagai anti kanker. Tidak hanya itu, zat anthocyanin juga terdapat dalam nasi ini yang mana dapat menangkal radikla bebas.

Nahh itulah beberapa manfaat yang ada dalam nasi jagung. Bunda bisa sekali-kali menyajikan untuk sarapan keluarga. Bisa dihidangkan bersama dengan sayuran atau menu lauk lainnya.

RESEP NASI JAGUNG GURIH

BAHAN :
  • 750 mililiter air
  • 600 mililiter santan
  • 250 gram jagung meniran atau tumbukan
  • 150 gram beras
  • 1 sendok makan garam
CARA MEMBUAT NASI JAGUNG :
  1. Rendam beras, jagung dan garam dengan air kurang lebih 3 jam.
  2. Rebus campuran jagung sebelumnya sampai air menyusut drastis. Jika sudah segera angkat.
  3. Panaskan santan sampai mendidih lalu diamkan sebentar sampai hangat. Sisihkan.
  4. Masukkan nasi jagung ke dalam panci kukusan dan masak dengan api sedang sampai matang.
  5. Siram santan secara merata ke nasi dan kukus lagi agar rasa lebih gurih.
  6. Jika sudah matang, sajikan bersama terik tempe dan urap sayur.