Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Onde Onde Ketawa Spesial Enak

Resep Onde Onde Ketawa Sederhana Camilan Ringan Yang Renyah Sajian Sedap. Makanan berbentuk bulat yang dibalut dengan wijen ini pastinya bunda sudah tahu... Yup...onde onde bulat namanya. Sering kita jumpai camilan ringan ini di jajanan tradisional. Banyak orang suka akan kue ini padahal teksurnya cukup keras. Diketahui proses pembuatan dan bahan cukup sederhana. Jika kita beli diluaran harganya cukup relatif murah antara 500-1000 rupiah. Bagi anda yang jualan kue, tentu menambah variasi dengan hadirnya onde onde ketawa ini bisa menjadi tambahan pemasukan yang lumayan.

Gambar Resep Onde Onde Ketawa Renyah dan Enak

Jajanan yang awalnya diperuntukkan bagi para pekerja bangunan ini kemudian masuk ke dapur istana menjadi salah satu menu istimewa, dan akhirnya menjadi salah satu persembahan pada setiap upacara perayaan Tahun Baru Cina.  Sebagai kue persembahan, onde-onde memiliki filosofi sendiri yaitu  perlambang keberuntungan.  Bentuknya yang mengembang saat digoreng merupakan lambang harapan dari perkembangan usaha.

Camilan gorengan yang awalnya disajikan untuk pekerja bangunan ini sekarang sudah dinikmati semua kalangan. Untuk menikmatinya tidak perlu mengeluarkan dana besar, cukup beberapa ribu aja sudah dapat banyak. Bagi bunda yang ingin menambah camilan ringan dirumah bisa menyajikan kue ini. Namun bisa jadi di sekitar anda sulit untuk mendapatkannya, jika seperti itu..kenapa tidak coba bikin sendiri aja... Bikinnya gampang dan tidak susah. Nahh jika merasa ingin membuatnya sendiri, silahkan baca resepnya disini.

RESEP ONDE ONDE KETAWA RENYAH

BAHAN :
  • 300 gram tepung terigu
  • 100 gram gula pasir
  • 2 sendok makan mentega
  • 2 butir telur
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1/4 sendok teh soda kue
  • 1/2 sendok teh vanili bubuk
  • secukupnya wijen untuk taburan
  • garam secukupnya
  • minyak secukupnya
CARA MEMBUAT ONDE ONDE KETAWA :
  1. Campur tepung dengan soda kue, baking powder, vanili bubuk dan garam. Aduk-aduk rata lalu ayak sampai habis.
  2. Siapkan wadah dan campur gula pasir dan mentega dengan mixer sampai tercampur semua.
  3. Tambahkan telur dan mixer lagi sampai berbuih. Jika sudah, matikan mixer.
  4. Langkah selanjutnya, campur adonan yang diolah sebelumnya dengan campuran tepung terigu. Uleni dengan sendok kayu sampai tidak lengket dan bisa dibentuk.
  5. Bikin adonan dalam bentuk bulat-bulat sampai habis. Masukkan kedalam air sebentar lalu taburi atau guling kedalam wijen.
  6. Panaskan minyak yang banyak dan goreng sampai matang. Jika sudah, angkat dan tiriskan.
  7. Onde onde ketawa siap dinikmati.
Nah, agar onde-onde ketawa yang dibikin hasilnya maksimal, baca tips berikut ini.
  • Untuk tekstur yang tidak terlalu keras, penggunaan tepung terigu protein rendah sangat disarankan. Jumlah air juga harus diperhatikan, jika terlalu banyak, adonan gampang lembek dan susah untuk merekah saat digoreng. Jika terlalu sedikit juga susah untuk dibentuk.
  • Saat penggorengan juga harus menggunakan minyak yang cukup banyak dan kue harus terus diaduk-aduk agar matangnya merata.
  • Penggunaan api sebaiknya yang ringan saja karena kalau terlalu besar akan terlalu cepat matang sebelum kue merekah.