Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Tahu Bulat Kopong Asli Enak

Resep Tahu Bulat Digoreng Dadakan Khas Tasikmalaya Spesial Crispy dan Enak. Apakah bunda sekarang ini sering melihat dan mendengar penjual makanan tahu bulat dengan cara berkeliling?. Itu tuh yang pakainya mobil bak terbuka dengan terpal yang menggunakan suara promosi yang unik "TAHU BULAT, DIGORENG DADAKAN, RP.500 SATUNYA". Saya yakin bunda tahu akan tahu ini. Menurut informasi, suara khas ini berasal dari pemilik bisnis tahu bulat yang pertama kali muncul di Tasikmalaya lalu menyebar ke ciamis dan seluruh area Jawa Barat.

Gambar Resep Tahu Bulat Mengembang Kopong Tengahnya

Akhir-akhir ini, trend tahu bulat sudah sangat populer, padahal bisa dikatakan makanan ini belum lama munculnya dibandingkan dengan aneka gorengan lain. Harga yang ditawarkan juga cukup murah sehingga anak sekolahpun mampu membelinya. Namun perlu diketahui bahwa dalam keadaan mentah harus segera digoreng karena jika sudah melebihi sehari saja sudah agak asam rasanya.

Cara pembuatan cukup sederhana yaitu tahu dihaluskan dan diperas lalu digoreng. Kunci utama kelezatan makanan ini adalah pada teknik penggorengan yang mana menggunakan api sedang sambil diaduk terus menerus sehingga kulit terasa lebih crispy. Jika tidak dilakukan teknik ini maka tahu akan mudah peot dan kempes. Proses penyajian juga berbeda-beda, ada yang dicampur dengan bubuk cabai atau disajikan langsung dengan cabai rawit atau saus sambal.

Apabila beli gorengan tahu ini diluar, diperkirakan belum ada kepastian tingkat kebersihan dan keamanannya. Bahan tahu yang dipakai juga belum tentu yang segar atau fresh. Pemakaian minyak goreng juga pasti digunakan berulang kali sehingga ini juga tidak baik untuk tubuh. Maka sebab itu alangkah baik untuk membuatnya sendiri dirumah karena akan lebih bersih dan aman untuk dikonsumsi. Berikut resep lengkap cara bikinnya yang praktis dan mudah.

RESEP TAHU BULAT ALA RUMAHAN (HOMEMADE)

BAHAN :
  • 8 buah tahu ukuran sedang
  • 1 butir telur
  • 1 sendok teh kaldu ayam bubuk
  • 1 sendok teh soda kue
  • 1 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok teh garam
CARA MEMBUAT TAHU BULAT :
  1. Bersihkan tahu dan hancurkan atau dihaluskan lalu diperas dengan kain tipis bersih sampai airnya benar-benar menghilang (peras sampai kering).
  2. Tuang tahu ke wadah dan tambahkan telur, kaldu ayam, soda kue, merica dan garam. Aduk rata dan bentuk dengan ukuran bulat.
  3. Simpan adonan kedalam wadah yang tertutup plastik didalam kulkas selama 4-5 jam.
  4. Jika sudah, panaskan minyak yang agak banyak dengan api sedang dan goreng sampai matang. Angkat dan tiriskan.
  5. Sajikan selagi hangat dengan saus sambal atau cabai rawit.
TIPS BERMANFAAT :

Faktor-faktor yang dapat membantu menghasilkan penggorengan tahu bulat agar mengembang maksimal :
  • Suhu api
Penggunaan api pada saat penggorengan sangat penting. Saat pemanasan minyak di awal boleh memakai api besar, namun saat menggoreng sebaiknya menggunakan api sedang atau kecil saja.
  • Waktu penggorengan
Lama penggorengan alangkah baiknya tidak lama-lama, 15 menit sudah cukup untuk menghasilkan tahu bulat yang krispi dan enak. Jika terlalu pendek waktunya juga akan mudah kempes jika ditiriskan.
  • Penyimpanan
Sebaiknya menyimpan tahu didalam lemari es agar tidak mudah basi karena udara sangat mempengaruhi kualitas rasa. Usahakan jangan disimpan didalam freezer karena tahu tidak akan maksimal mengembangnya. Gunakan plastik yang tidak mudah pecah untuk membungkusnya.
  • Minyak penggorengan
Kualitas minyak juga penting, kalau memakai minyak yang sudah dipakai sampai berkali-kali maka hasil tekstur luar tahu akan nampak seperti terlalu kecoklatan. Bagusnya jika memakai minyak yang masih fresh.