Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Tape Singkong Sederhana Asli Nikmat

Resep Tape Singkong Khas Sajian Legit Asli Enak. Siapa yang tidak kenal dengan makanan tradisional tape singkong?. Semua pasti sudah pada tau akan makanan ini, ya hampir mirip peuyeum Bandung. Makanan ini cukup populer di masyarakat Jawa, tapi saat ini sudah mulai menurun kehadirannya. Sekarang mulai sedikit orang yang menjual makanan ini, padahal kalau diolah dengan baik atau dimodifikasi bisa menjadi sajian yang lezat.

Gambar Resep Tape Singkong Tradisional

Bahan dasar dari pembuatan tape adalah singkong yang mana sangat mudah untuk dicari. Proses pembuatan juga terbilang sederhana yaitu dengan 3 tahap utama, dibuang kulitnya, dibersihkan dan ditaburi ragi khusus. Setelah itu disimpan dalam keranjang yang dilapisi daun pisang selama 3 hari. Bunda bisa menyajikan makanan lembut ini untuk suguhan tamu yang silaturahim atau bisa dikreasikan dengan olahan lain seperti tape bakar atau tape goreng. Nahh.. Bagi bunda yang ingin coba bikin sendiri dirumah (homemade), berikut resep lengkapnya.

RESEP TAPE SEDERHANA

BAHAN :
  • 1 kilogram singkong muda
  • 1 butir ragi tape
  • daun pisang secukupnya untuk pembungkus
CARA MEMBUAT TAPE SINGKONG :
  1. Pertama, kupas singkong dari kulitnya lalu bersihkan menggunakan air hangat.
  2. Potong singkong sesuai selera. Setelah itu, kukus di panci sampai empuk dan matang.
  3. Jika sudah, angkat dan biarkan sampai dingin.
  4. Langkah selanjutnya, haluskan ragi dengan ulekan. Sisihkan.
  5. Siapkan wadah dan lapisi dengan daun pisang. Masukkan singkong yang telah dikukus.
  6. Terakhir, taburi dengan ragi secara keseluruhan. Tutup dengan daun pisang lagi. Diamkan di tempat tertutup selama 3 hari.
  7. Tape siap dinikmati.
Walaupun nampak mudah untuk dibuat, namun pada dasarnya tetap hati-hati dalam membuatnya karena kalau sampai ada yang keliru bisa cepat lembek dan kecut. Usahakan menggunakan singkong yang masih fresh dan belum terkontaminasi bakteri atau kotoran. Tida disarankan untuk mencuci dengan air yang tercampur bahan kimia seperti boraks, memang dengan bahan ini bisa membuat tape awet namun tidak disarankan.

Resep tape singkong disini sebenarnya merupakan resep dasar. Bunda bisa mengolahnya ke berbagai masakan seperti es, puding atau kue. Dilain kesempatan kami akan mengupdate informasi resep yang berbahan tape ini. Selamat mencoba!.