Hadiah 1 Unit Mobil Keren Klick Gambar Di Bawah Ini!!

Klick Ini Jika Ingin Mendapatkan Mobil

Resep Wajik Ketan Asli Enak

Resep Wajik Ketan Gula Merah Camilan Manis Sederhana Sajian Sedap Asli Enak. Wajik, siapa yang tidak tahu akan jajanan tradisional yang khas dengan citarasa legit dan manis ini. Bagi para pecinta kuliner lawas tentu akan sangat mengenal makanan ini. Camilan ringan ini sebelumnya hanya populer di Jawa saja namun saat ini sudah menyebar ke provinsi lain seperti Sumatra. Orang sana sering menyebut kue manis ini dengan sebutan "pulut manis".

Gambar Resep Wajik Ketan Asli Legit

Snack ringan ini sering dijadikan sebagai menu makan sederhana saat arisan, pengajian bahkan sampai menu pembuka di acara pernikahan. Wajik biasanya dibungkus menggunakan plastik putih. Namun ada satu kota yang membungkusnya dengan bahan unik yaitu kulit janur, tepatnya ada di Blitar. Namanya juga unik yaitu wajik kletik. Citarasa hampir sama saja dan semua sama-sama enak.

Bahan dasar yang digunakan adalah beras ketan, gula jawa/merah dan gula pasir. Tentu bahan-bahan ini mudah ditemui dipasar. Sebagai penambah aroma seringnya memakai daun pandan. Sebenarnya jenis wajik saat ini sudah menambah dan tidak hanya coklat saja, ada pula yang berwarna merah muda dan hijau. Warna merah ini didapat dari pewarna makan alami sedangkan hijau berasal dari daun suji. Dua wajik ini tidak menggunakan gula merah tetapi hanya menggunakan gula putih.

Kue ini selalu diburu banyak orang terutama ditempat jajanan tradisional. Disamping manis rasanya juga lembut saat dimakan. Memang dari tekstur luar terlihat seperti beras yang belum matang namun saat digigit ternyata sudah matang. Camilan ringan ini bisa bunda sajikan sebagai menu makan santai bersama dengan teh hangat. Bisa juga bunda hidangkan saat Lebaran dimana pasti banyak saudara akan berkunjung kerumah, cocok sekali untuk menghidangkan kue legit ini.

RESEP KUE WAJIK KETAN

BAHAN :
  • 1/2 kilogram beras ketan putih
  • 350 gram gula merah
  • 200 mililiter air
  • 50 gram gula pasir
  • 3 lembar daun jeruk purut
  • 3 lembar daun pandan
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1 1/2 gelas santan
CARA MEMBUAT WAJIK KETAN :
  1. Pertama, cuci bersih beras ketang dan rendam selama 2-3 jam. Tiriskan.
  2. Jika sudah, kukus beras selama 40 menit sampai setengah matang.
  3. Siapkan panci satu lagi dan rebus air sampai mendidih.
  4. Kemudian tuang beras yang sudah dikukus kedalam air dan aduk sampai meresap. Diamkan beberapa saat.
  5. Langkah selanjutnya, masak gula merah, santan, gula pasir, daun pandan, daun jeruk dan garam sampai kental dan mendidih.
  6. Lalu tuang adonan ketan dan masak sampai cairan gula meresap. Aduk-aduk terus sampai ketan kering dan berwarna kecoklatan.
  7. Jika sudah matang, tuang ke dalam loyang sambil diratakan dengan cara ditekan-tekan. Diamkan sampai dingin.
  8. Setelah itu, potong sesuai selera dan hias dengan daun pandan.

Subscribe to receive free email updates: