Resep Es Cendol Dingin, Tenggorokan Jadi Seger

Resep Es Cendol Tepung Beras Sederhana Tradisional Asli Enak yang disiram gula merah. Es cendol pasti sudah familiar di telinga kita bahkan di dipopulerkan di acara sinetron TOP (Tukang Ojek Pengkolan) dengan slogan "Es Cendol Manis Dingin...". Memang jika disantap saat siang hari benar-benar menyegarkan. Minuman ini juga cocok untuk menu berbuka puasa, dijamin rasa dahaga hilang seketika karena rasa segar dipadu dengan manisnya cendol.

Gambar Resep Es Cendol Bikin Panas Jadi Adem

Cendol merupakan jajanan tradisional Indonesia yang berbahan dasar tepung beras. Penyajiannya sering dilengkapi dengan bongkahan es/es serut disertai siraman santan dan sirup gula merah. Citarasa saat meminumnya juga unik yaitu gurih dan manis. Masyarakat Jawa biasa sering menyebut minuman segar ini dengan nama "es dawet".

Proses pembuatan sangat mudah asal memiliki saringan khusus untuk mencetak cendol. Saringan ini terbuat dari bahan alumunium dengan diameter 0.5 cm, ada juga yang lebih kecil, itu tergantung selera masing-masing. Alat ini bisa dibeli dipasar umum. Biasanya cetakan tersebut berbentuk datar dan terdapat lubang-lubang berbentuk buliran. Pewarna dari cendol sendiri juga memakai bahan alami yaitu daun pandan atau suji sehingga aman untuk dikonsumsi.

Jika anda sering diluar banyak penjual minuman ini pastinya ingin membeli bukan?... Tapi seringkali mengurungkan niat karena ragu akan tingkat keamanan dan kebersihannya. Supaya anda yakin dan tidak khawatir untuk mengkonsumsinya, kami bagikan resep es cendol khusus untuk anda. Dengan bahan yang gampang didapat dan langkah pembuatan yang mudah, anda dapat menghidangkan es cendol ini sebagai santapan segar harian. Es ini juga cocok untuk menu santapan berbuka puasa.

BAHAN CENDOL :
  • 350 mililiter air bersih
  • 100 gram tepung beras
  • 50 gram tepung sagu
  • 50 mililiter air perasan daun suji
  • 2 sendok makan air kapur sirih
  • es batu secukupnya, serut halus
  • air es secukupnya
BAHAN SIRUP DAN KUAH :
  • 500 mililiter santan rebus
  • 200 gram gula merah
  • 150 mililiter air bersih
CARA MEMBUAT ES CENDOL :
  1. Campur tepung sagu dan beras ke mangkuk plastik besar lalu tambahkan sebagian air. Aduk rata.
  2. Rebus sisa air dengan api sedang beserta air daun suji, kapur sirih dan garam. Aduk sekali lagi dan biarkan sampai mendidih.
  3. Masukkan adonan tepung kedalam rebusan dan aduk hingga mengental.
  4. Siapkan baskom yang sudah ada ayakan cendol diatasnya, Tambahkan air es didalamnya.
  5. Tuang cendol panas ke dalam air es sambil ditekan-tekan dan diayak hingga mengeluarkan butiran cendol yang berbentuk memanjang. Tiriskan.
CARA MEMBUAT SIRUP :
  1. Rebus gula merah dan air sampai mendidih dan larut.
  2. Jika sudah, saring agar lebih encer dan bersih.
CARA PENYAJIAN :
  1. Siapkan gelas saji dan tuang cendol sesuai selera.
  2. Tambahkan es batu secukupnya dan tuang santan dan sirup gula.
  3. Es cendol siap dinikmati.
CATATAN :

Jika anda tidak mempunyai saringan yang disebutkan diatas bisa memakai plastik berbentuk segitiga yang biasa dipakai untuk menghiasi kue. Lubangi ujung sampai berdiameter 0.5 centimeter. Tuang adonan cendol didalamnya dan cetak diatas baskom berisi air es secara perlahan. Lakukan sampai habis.

Subscribe to receive free email updates: