Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Ikan Teri Basah Goreng Tepung Gurih Enak

Resep Teri Basah Goreng Tepung Pelengkap Lauk Sederhana Asli Renyah Bikin Selera Makan Bertambah. Teri basah saat ini sudah menjadi bahan pangan yang populer di wilayah Asia terutama Indonesia. Ikan ini juga memiliki sebutan lain yaitu ikan bilis. Ikan ini biasanya dijadikan pelengkap menu makanan nasi lemak. Ada juga disebagian daerah mengolahnya menjadi bakwan dan pepes teri.

Teri memang dikenal dengan ukurannya yang kecil. Meskipun dengan ukuran yang tidak lebih besar dari jari kita, ikan ini memiliki kandungan gizi yang tidak kalah dengan ikan laut seperti tuna, kakap dan lainnya. Pada umumnya sebelum dimasak diolah dengan dibuang kepalanya karena dianggap mudah untuk dikunyah namun jika anda ribet melakukannya boleh dimakan utuh. Mengenai manfaat yang sebelumnya kami sampaikan, biar tidak penasaran, berikut info detailnya.
  • Merawat kesehatan gigi dan tulang
Tulang yang terdapat didalam tubuh teri basah mengandung beberapa zat penting yang baik untuk tubuh yaitu kalsium, fosfor dan flour. Kalsium berfungsi untuk menjaga tulang agar tidak mudah rapuh sedangkan flour dapat membantu mencegah gigi berlubang. Untuk fosfor sendiri memiliki zat gizi yang baik untuk perkembangan janin bagi wanita yang hamil.
  • Meningkatkan kekebalan tubuh
Ternyata ikan ini menjaid sumber protein yang patut dicoba selain susu, daging atau telur. Menurut penelitian teri basah ini memiliki kadar protein yang cukup banyak. Jadi jangan lagi ya meremehkan ikan ini.
  • Menjaga kesehatan jantung
Kita pasti tahu kalau omega 3 seringnya ada pada ikan yang berukuran besar saja, namun ternyata di ikan teri juga memilikinya. Kandungan omega 3 didalamnya cukup besar yang mana dapat mencegah terjadinya penggumapalan darah sehingga baik untuk mencegah penyakit jantung.

Nahh demikian alasan dasar mengapa kita perlu mengkonsumsi ikan ini meskipun kecil nmun memberikan efek yang besar bagi tubuh. Sekarang masuk kebagian resepnya, untuk olahan sebenarnya sangat banyak namun kami admin blog sukaresepmasakan akan menyajikan menu yang sederhana dulu. Untuk sajian resep lain akan kami ulas dilain waktu, maka dari itu tetap kunjungi blog ini ya....

Gambar Resep Ikan Teri Basah Goreng Asli Crispy

Untuk resepnya kami membahas lebih detail mengenai teri basah goreng tepung. Makanan ini bisa dijadikan camilan ringan atau pelengkap menu sayur di meja. Citarasa tidak kalah dengan jenis gorengan lainnya seperti jamur atau udang goreng crispy. Bahan-bahan yang digunakan mudah untuk didapat dan cara pembuatan tidaklah sulit. Bagi anda yang tertarik ingin mencoba masak camilan goreng ini, silah ikut langkah-langkahnya berikut ini.

RESEP TERI BASAH GORENG GARING

BAHAN :
  • 250 gram ikan teri basah, hilangkan kepala dan isi perut
  • 5 sendok makan tepung terigu
  • 3 siung bawang putih
  • 2 sendok makan tepung maizena
  • 1 sendok makan tepung panir
  • 1 butir telur ayam
  • 1 sendok teh lada bubuk
  • ketumbar dan garam secukupnya
  • air es secukupnya
  • minyak goreng secukupnya
CARA MEMBUAT TERI BASAH GORENG :
  1. Pertama bikin rendaman, campur tepung terigu dengan panir, telur, maizena dan sedikit air es.
  2. Haluskan bawang putih, ketumbar, merica dan garam. Lalu masukkan bumbu halus ke dalam adonan tepung. Aduk sampai rata.
  3. Selanjutnya, masukkan teri ke adonan dan aduk sekali lagi. Setelah itu, simpan didalam lemari es selama 4 jam sampai bumbu meresap.
  4. Jika sudah, panaskan minyak agak banyak dan goreng sampai ikan terendam sempurna dan matang garing.
  5. Tiriskan dari minyak jika sudah matang dengan tisu. Terakhir, panaskan lagi ikan didalam selama beberapa jam oven sampai kering.
  6. Ikan teri goreng siap dinikmati.