Hadiah 1 Unit Mobil Keren Klick Gambar Di Bawah Ini!!

Klick Ini Jika Ingin Mendapatkan Mobil

Resep Ketupat Sayur Labu Siam Sederhana

Resep Ketupat Sayur Labu Sajian Masakan Lezat, Masakan Khas Ini Pantang Untuk Dilewatkan. Menu santap Lebaran memang begitu beragam dan menggugah selera. Masing-masing orang akan menyajikan masakan masakan yang bervariasi, tapi seringnya yang wajib ada adalah opor ayam, rendang, sambal goreng kentang dan sayur labu siam. Sayur labu ini bisa dikatakan sebagai salah satu sajian utama yang disandingkan bersama ketupat atau lontong.

Gambar Resep Ketupat Sayur Labu Siam Khusus Lebaran

Hampir setiap daerah menyajikan ketupat sayur ini. Rasanya yang gurih membuat penikmatnya ingin nambah ketupat lagi dan lagi. Biasanya disantap bersama dengan kerupuk ikan, rambak kulit atau emping goreng. Masakan sayur ini memang bertekstur agak pekat dari kuahnya karena menggunakan santan sebagai bahan dasarnya.

Walaupun masakan sayur enak namun jika tidak diiringin dengan pulen dan empuknya ketupat sama saja kurang enak. Maka dari itu pembuatan ketupat harus teliti. Biasanya jika ada yang keliru akan menjadi terlalu lembek atau kering. Nahh sebelum masuk kebagian resep cara membuat sayur labu siam, kami sengaja memberikan informasi seputar tips membuat ketupat. Silahkan disimak ulasa berikut.

1. Takaran Beras

Untuk menghasilkan ketupat yang baik, disarankan untuk menggunakan beras berkualitas lalu direndam selama kurang lebih 30 menit terlebih dahulu. Jika ternyata beras yang digunakan pulen, maka isi 2/3 saja didalam selongsong ketupat. Namun jika agak pera maka 1/3 saja.

2. Menggunakan Panci Biasa Sebagai Rebusan

Jika ingin menanak dengan panci biasa, usahakan pakai dengan ukuran yang besar. Jika air didalam mulai menyusut cepat, segera tambah lagi air mendidih agar suhu tetap stabil. Melalui teknik seperti ini, memang memakan waktu 4-5 jam tapi tekstur jadi empuk. Saat ditiriskan, sebaiknya diangin-anginin agar ketupat lebih awet.

3. Menggunakan Panci Presto Sebagai Rebusan

Jika ingin memakai panci presto, diharuskan ketupat bisa terendam total didalam air. Lalu masak sampai mendidih, biasa ada bunyi nyaring. Jika sudah, kukus lagi selama 1 jam dengan api kecil.

Sebelum tutup presto dibuka, uap panas dikeluarkan dulu. Caranya bagaimana?, mudah kok, anda hanya mengganjal besi yang berada di tutup menggunakan sendok. Apabilan uap sudah keluar, baru boleh buka tutupnya.

4. Teknik Penyimpanan

Jika ingin dimakan esok harinya tentu harus disimpan bukan.... biar tidak mudah berbau, bisa dibungkus dengan plastik lalu simpan di lemari es. Besok bisa dihangatkan lagi dengan cara dikukus bukan direbus.

Demikian tips yang bisa kami bagikan pada anda... Nahh kita langsung menuju resepnya, biar ga terkesan lama..yuk baca sambil praktek langkahnya berikut ini.

RESEP KETUPAT SAYUR LABU SIAM SEDAP MANTAP

BAHAN UTAMA :
  • 5 sendok makan air kapur sirih untuk membuat tekstur kulit labu siam garing
  • 3 buah labu siam
  • 1 liter air bersih untuk merendam labu siam
BAHAN BUMBU (HALUSKAN) :
  • 20 buah cabe keriting, buang bijinya
  • 15 siung bawang merah
  • 10 buah kemiri
  • 5 siung bawang putih
  • 5 buah cabe merah besar, buang bijinya
  • 2 sendok makan ebi (udang kering), seduh air panas
  • 2 sendok makan ketumbar
  • 1 sendok makan garam dan bumbu kaldu instant
BAHAN PELENGKAP :
  • 5 lembar daun salam
  • 3 batang sereh, ambil bagian putihnya (geprek)
  • 3 ruas lengkuas, geprek
  • 2 liter santan dari 2 butir kelapa
CARA MEMBUAT KETUPAT SAYUR LABU SIAM :
  1. Potong labu siam dengan bentuk seperti korek api (stick). Cuci bersih dan rendam dalam air kapur sirih, sisihkan dulu.
  2. Berikutnya, tumis bumbu yang sudah dihaluskan sampai harum bersama dengan sereh, lengkuas dan daun salam.
  3. Tahap selanjutnya, rebus santan sampai mendidih dipanci terpisah. Lalu tambahkan tumisan bumbu sebelumnya dan aduk sampai tercampur rata.
  4. Setelah itu, masukkan labu siam kedalam rebusan santan. Masak sampai labu bertekstur empuk. Jika sudah, angkat dan sajikan dengan lontong atau ketupat.

Subscribe to receive free email updates: