Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Klepon Legit, Sekali Makan Pengen Nambah Lagi

Resep Klepon Sajian Kue Basah Sederhana Praktis Asli Enak. Klepon merupakan kue tradisional yang sudah lama dikenal sejak dulu. Kue legit yang terbuat dari tepung ketan dengan isian lumeran gula merah ini sering ditemui di jajanan Jawa. Biasanya penyajian dengan taburan parutan kelapa yang gurih. Kue berwarna hijau ini memiliki perpaduan rasa gurih dan manis saat dikunyah, akan ada pecahan cairan gula merah didalamnya.

Gambar Resep Klepon Ala NCC Diah Didi Yang Enak

Klepon biasanya dimasak dengan dikukus dengan bentuk bulatan bulatan kecil lalu digulingkan ke atas butiran kelapa setelah adonan dingin. Beberapa daerah di Jawa ada yang menggunakan bahan baku singkong. Kue lembut ini mudah membuat perut kenyang karena mengandung karbohidrat yang tinggi yang berasal dari tepung. Jadi ga heran jika baru makan 4 butir sudah terasa kenyang.

Kue klepon bisa menjadi alternatif camilan ringan bagi anak yang mana mereka identik dengan makanan manis. Dengan menghidangkan kue ini dirumah tentu sekaligus juga mengenalkan makanan tradisional ke mereka sehingga konsumsi akan jajanan instan yang tidak sehat akan berkurang. Bunda juga bisa menjadikan kue lezat ini untuk bekal anak disekolah.

RESEP KUE KLEPON SPESIAL

BAHAN :
  • 250 gram tepung ketan halus
  • 200 mililiter air bersih
  • 200 gram gula merah, iris tipis
  • 100 gram kelapa parut
  • 50 gram tepung beras
  • 2 sendok makan pasta pandan
  • 2 sendok teh air larutan kapur sirih
  • 1 lembar daun pandan, buat simpul
  • 1/2 sendok teh garam
CARA MEMBUAT KUE KLEPON :
  1. Campur dan aduk tepung ketan beserta tepung beras sampai merata. Tambahkan air kapur sirih dan pasta pandan ke dalam adonan tepung.
  2. Setelah itu tuang air secara perlahan sambil diuleni hingga bisa adonan menjadi lentur dan mudah untuk dibentuk.
  3. Bentuk bulat-bulat sesuai selera lalu pipihkan. Masukkan irisan gula merah sesuai selera di tengahnya kemudian bulatkan kembali. Lakukan sampai habis.
  4. Langkah selanjutnya, panaskan air agak banyak dengan api sedang sampai mendidih dan tuang adonan klepon ke dalam rebusan. Diamkan sampai mengapung. Angkat dan sisihkan.
  5. Tahap berikutnya, siapkan panci berukuran sedang. Kukus klepon sebentar saja sampai matang.
  6. Sambil menunggu, campur daun pandan, parutan kelapa dan garam kedalam wadah. Campur rata.
  7. Untuk penyajian, angkat kue yang sudah matang dan gulingkan ke dalam kelapa parut tadi sampai semua habis.
  8. Sajikan dan tata di piring. Klepon siap dinikmati.