Resep Kue Sus Isi Vla Coklat, Enak Banget Di Mulut

Resep Kue Sus Sederhana Dengan Isian Vla Coklat Asli Manis, Sajian Ringan Yang Ga Ribet Dibuat. Sus adalah jenis camilan manis yang cukup populer di Indonesia. Kue basah ini konon dikenal pertama kali di Belanda yang memiliki nama "soes". Pada umumnya kue ini dihidangkan dengan isian fla, es krim atau custard yang terbuat dari susu. Sebagian orang ada yang suka disajikan dalam kondisi beku namun juga ada yang suka dalam keadaan hangat.
 
Gambar Resep Kue Sus Isi Vla Coklat Spesial Legit

Kebanyakan orang sekilas melihat bahwa membuat sus itu sulit, padahal sangat mudah untuk membuatnya. Memang ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan saat membuatnya terutama pada bagian kulit. Apapun itu jika sering praktek bikinnya akan terasa sederhana. Bahan yang didapat juga gampang dicari dan tidak perlu bahan-bahan khusus import.

Jika saat ini bunda merasa bosan dengan camilan kue yang biasa-biasa saja, coba untuk menyajikan kue sus ini. Dijamin anak-anak akan suka dan ingin minta dibuatkan lagi jika sudah habis. Untuk resep lengkap bisa langsung bunda ikuti disini. Jangan lupa setelah baca resepnya masih ada lanjutan tips dibawahnya. Bagusnya dibaca sekali dulu infonya disini baru dipraktekkan sambil dibaca. Selamat mencoba.

RESEP KUE SUS ASLI ENAK

BAHAN SUS :
  • 200 mililiter air
  • 120 gram tepung terigu protein sedang
  • 120 gram (2) butir telur
  • 100 gram mentega
  • 1/4 sendok teh garam
BAHAN ISIAN :
  • 250 mililiter susu cair
  • 75 gram gula pasir ( boleh ditambahkan sesuai selera)
  • 50 gram maizena, larutkan dalam 3 sendok makan air
  • 2 sendok makan sirup gula
  • 2 sendok makan coklat bubuk
  • 1 kuning telur
  • 1 sendok makan mentega
  • 1/4 sendok teh pasta coklat
CARA MEMBUAT KUE SUS VLA COKLAT :

BIKIN SUS :
  1. Rebus mentega bersama dengan air dan garam hingga mendidih.
  2. Jika sudah, matikan api sebentar lalu masukkan tepung dan aduk hingga menjadi adonan kalis.
  3. Setelah itu, nyalakan api lagi dan diamkan selama 1 menit agar sisa air menguap. Aduk rata, angkat dan diamkan sampai hangat.
  4. Tuang adonan ke dalam wadah dan masukkan semua telur sambil dikocok menggunakan spatula.
  5. Masukkan adonan kedalam plastik segitiga lalu semprotkan dengan spuit dalam bentuk bintang melingkar (diameter 3 centimeter).
  6. Selanjutnya, panggang dengan suhu 200°C selama kurang lebih 20 menit sampai matang kuning kecoklatan.
BIKIN ISIAN :
  1. Rebus gula pasir, susu cair serta coklat bubuk sampai mendidih.
  2. Masukkan maizena cair kedalam adonan sebelumnya sambil diaduk sampai mengental.
  3. Selanjutnya, ambil satu sendok adonan dan campurkan kedalam kuning telur. Kocok cepat.
  4. Kemudian masukkan kembali adonan telur kedalam adonan isian. Aduk dan panaskan sampai mendidih.
  5. Matikan api dan tambahkan sirup gula dan pasta coklat. Aduk sampai merata.
PENYAJIAN :
  1. Masukkan isian kedalam plastik pengisi sus. Tancap spuit ujung kedalam sus dan semprotkan isinya.
  2. Tata dalam piring dan sajikan selagi masih hangat (boleh dilumuri coklat cair).
Catatan :
  • Bagian terpenting dari keberhasilan membuat kue sus adalah kulitnya. Agar mudah mengembang padat, perlu saat pencampuran memperhatikan kadar penggunaan telur. Usahakan jangan banyak-banyak menggunakannya karena adonan sus tidak mudah merekah. Namun juga jangan sampai terlalu sedikit karena adonan mudah keras dan kulit akan nampak kering. Kadar pemakaian telur pada resep kali ini kami anggap sudah pas sehingga hasil kue sus yang didapat maksimal.
  • Karena kue sus termasuk choux pastry yang mana pembuatan dilakukan saat memasak, maka pada waktu mencampur bahan adonan seperti terigu, susu cair dan air harus cepat dalam mengaduk sembari dengan menggunakan api sedang.
  • Agar rasa lebih gurih, bunda bisa memakai margarin Blueband sebagai pengganti mentega dan juga ini membuat adonan memiliki aroma lebih lembut. Namun hal ini tidak wajib dan opsional saja.
  • Adonan kulit biasanya bersifat ringan sehingga mudah sekali untuk merekah setelah terpampang suhu tinggi oven. Bunda harus cek jika sebelum 20 menit sudah merekah sempurna, maka bisa langsung dikecilkan temperaturnya dan dengan suhu kecil ini lebih berfungsi untuk mematangkan.

Subscribe to receive free email updates: