Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Perkedel Kentang Paling Mudah

Resep Perkedel Kentang Sajian Gorengan Mantap dan Nikmat, Enak Juga Disantap Bareng Cabai Rawit Hijau Mentah. Kentang adalah sayuran berjenis umbi-umbian yang sering dijadikan bahan dasar dalam berbagai masakan. Bisa dikatakan kentang ini setara dengan nasi, mengapa...? Karena bahan pangan ini memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Pada umumnya sayuran berwarna kuning ini sering dijadikan bahan pelengkap sup dan kue.

Gambar Perkedel Kentang Hidangan Gorengan Enak

Salah satu olahan yang sudah sangat terkenal adalah perkedel kentang. Makanan gorengan ini sering dijadikan tambahan lauk saat menyantap soto, rawon dan sup. Seringnya kita jumpai orang mencapurkannya kedalam sup atau soto dengan cara disuwir kecil-kecil. Untuk membuatnya cukup sederhana yaitu dengan menghaluskan kentang dengan digoreng atau dikukus lalu dicampur dengan bumbu racikan khusus. Jika sajian di meja terbilang kurang lengkap dan tidak menggugah selera, coba untuk menambahkan perkedel ini sebagai pelengkap. Biasanya jika menyantap makanan berkuah tanpa gorengan kurang mantap.

Bagi bunda yang berminat untuk mencoba bikin sendiri bisa mengikuti resepnya disini. Bunda boleh mengkreasikannya lagi dengan menambah kornet atau daging giling agar lebih lezat dan enak saat disantap. Akan terasa sangat nikmat jika dimakan selagi hangat.

RESEP PERKEDEL GURIH

BAHAN :
  • 500 gram kentang segar dan berukuran besar
  • 3 sendok makan terigu
  • 2 siung bawang merah, haluskan
  • 1 batang daun bawang, iris tipis
  • 1 butir telur ayam, kocok halus
  • minyak goreng secukupnya
  • lada secukupnya
  • garam secukupnya
CARA MEMBUAT PERKEDEL KENTANG :
  1. Kupas kulit kentang dan potong dadu. Setelah itu cuci bersih dengan air lalu rebus sampai matang empuk. Jika sudah, angkat dan sisihkan.
  2. Kentang rebus sebelumnya dihaluskan dengan ulekan sampai benar-benar halus. Sisihkan ke wadah untuk diolah ke tahap berikutnya.
  3. Langkah berikutnya, haluskan bawang merah, garam dan lada lalu masukkan bumbu halus dan daun bawang kedalam adonan kentang. Aduk sampai tercampur rata.
  4. Tambahkan telur bersama dengan tepung terigu lalu aduk sekali lagi sampai merata. Kemudian adonan dibentuk bulat pipih sampai habis.
  5. Panaskan minyak agak banyak dan goreng sampai matang kecoklatan. Apabila sudah matang, angkat dan sajikan dipiring bersama saus sambal.