Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Puding Karamel Kreasi Terbaru

Resep Puding Karamel Sederhana Anti Gagal Asli Enak, Sajian Praktis Yang Bikin Suasana Makin Ceria Bersama Keluarga. Kreasi puding yang tidak kalah nikmat dari rasa dan bentuk yaitu puding karamel. Sebelumnya kami sudah membahas berbagai variasi lainnya seperti puding coklat, puding busa, puding jagung, puding susu dan puding roti, anda bisa mengecek dan membacanya langsung disini (silahkan dicari lewat kotak pencarian).

Baca Juga : Resep Cara Membuat Puding Roti Yang Enak

Puding ini tentunya sangat lumer dimulut dipadu dengan citarasa yang manis. Selain bisa dijadikan snack ringan, juga bisa untuk hidangan penutup selain rujak atau jus. Puding karamel sangat cocok untuk menu buka puasa yang mana dapat mengembalikan stamina tubuh setelah seharian puasa. Saat ramadhan bisa dijadikan sebagai menu bersama dengan kolak atau es buah.

Gambar Resep Puding Karamel Ala Jepang

Di negara lain juga ada yang menyajikan dessert ini namun dengan bahasa lain yaitu caramel custard atau creme caramel. Konon puding ini awalnya populer di Pransis dan Spanyol. Seiring waktu mulai menyebar cepat keberbagai negara bahkan ada yang memodifikasinya seperti di Kuba yang menambahkan kayu manis, ada juga yang menambah rasa mint dan lemon.

Nahh bagi anda pecinta makanan puding, tidak ada salahnya untuk sesekali mencoba menu dessert ini. Cara membuatnya mudah dan bahan yang dibutuhkan juga tidak banyak. Silahkan dibuat untuk dijadikan menu santap ringan untuk anak-anak.

RESEP PUDING KARAMEL LEMBUT

BAHAN DASAR :
  • 500 mililiter susu segar
  • 50 gram gula
  • 3 butir telur
  • 1/2 sendok teh essense vanila
BAHAN SAUS :
  • 20 gram gula pasir
  • 3 sendok makan air
CARA MEMBUAT PUDING KARAMEL ENAK DAN SEDERHANA :
  1. Pertama, kocok telur bersama dengan gula menggunakan mixer sampai mengembang dan gula larut, sisihkan.
  2. Selanjutnya, rebus susu sampai mendidih, angkat dan biarkan dingin. Lalu masukkan rebusan kedalam kocokan telur.
  3. Tambahkan juga essense vanila dan aduk sampai merata. Lalu saring kedalam wadah sampai habis. Sisihkan terlebih dahulu.
  4. Disisi lain bikin saus karamel, masak gula pasir dan air ke wajan anti lengket lalu tuang kedalam mangkuk gelas.
  5. Terakhir, tuang adonan sebelumnya ke loyang dan panggang selama kurang lebih 45 menit dengan suhu 190°C.
  6. Angkat dan sajikan dengan siraman saus karamel.