Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Sayur Bening Bayam, Masakan Sehat nan Lezat

Resep Sayur Bening Bayam Ala Jawa Asli Enak, Masakan Simple Yang Cocok Buat Para Calon Ibu Muda Yang Baru Belajar Masak. Rutinitas seorang ibu rumah tangga untuk menyajikan menu makan harian tidak dapat dihindari. Memang bisa saja membeli langsung jajanan makan pagi atau malam diluar rumah. Namun tidak mungkin harus seperti itu, ada kalanya pasti memasak sendiri dirumah. Tentu dengan masakan dari tangan sendiri akan terasa berbeda dan ini bisa menambah tingkat keharmonisan keluarga.

Bagi ibu muda atau ibu pekerja kantoran, pastinya tidak memiliki banyak pengalaman/wawasan mengenai masakan. Memasak bukanlah hal yang langsung mahir untuk dilakukan, normalnya ada yang keliru dan hasil tidak seperti harapan. Namun seharusnya begitu karena proses belajar itu perlu.

Maka dari itu, sebagai pembelajaran awal bisa mencoba resep yang sederhana dulu sampai terbiasa, lambat laun makin mahir dan bisa lanjut ke resep yang lebih kompleks. Sebenarnya ada banyak referensi masakan sederhana yang bisa dipraktekkan. Ada satu yang memang sudah sering disajikan dirumah-rumah yaitu sayur bening bayam.

Gambar Resep Sayur Bening Bayam Mankyuss

Masakan ini bisa dikatakan salah satu yang paling simple bikinnya karena tidak memerlukan bahan yang banyak. Penamaan kata "bening" sendiri terletak pada kuahnya yang jernih dengan rasa gurih. Resep dasar sebenarnya hanya memakai bahan bayam saja, namun sekarang sudah ada yang mengkreasikan dengan tambahan wortel, kacang panjang dan jagung.

Menyantap sayur bayam bagus untuk anak-anak dan orang tua karena mengandung gizi yang tinggi. Cocok untuk para ibu menyusui. Jika anda saat ini baru giat-giatnya belajar memasak, bisa dimulai membuat sayur bayam ini. Biar lebih nikmat bisa ditambah pelengkap lauknya dengan ikan goreng tepung, tempe, tahu atau bakwan goreng.

RESEP SAYUR BENING BAYAM LANGSUNG ENAK

BAHAN :
  • 3 ikat bayam
  • 3 butir bawang merah
  • 2 butir bawang putih
  • 2 buah jagung manis
  • 2 buah wortel
  • 2 lembar daun salam
  • 1 ruas kencur
  • 1 potong batang seledri
  • garam secukupnya
  • gula sedikit
  • sasa sedikit
CARA MEMBUAT SAYUR BAYAM :
  1. Pertama, cuci bersih sayuran seperti wortel, jagung dan bayam dengan air.
  2. Untuk wortel, potong melintang kecil-kecil sedangkan jagung potong jadi 2-3 bagian.
  3. Disisi lain, irisan tipis bawang putih dan bawang merah serta tidak lupa geprek kencur.
  4. Selanjutnya, rebus jagung dulu sampai mendidih. Setelah itu, tambahkan irisan bawang, kencur dan daun salam.
  5. Masak hingga wortel terasa empuk, baru habis itu masukkan bayam dan potongan seledri.
  6. Tambahkan gula, sasa dan garam lalu biarkan sampai mendidih. Jika sudah, tuang di mangkuk saji.