Resep Wingko Babat Khas Semarang

Resep Wingko Babat Sederhana Asli Enak, Sajian Tradisional Yang Wajib Kamu Coba Saat Mampir ke Semarang. Wingo merupakan snack ringan kecil yang sering dijadikan buah tangan atau oleh oleh untuk keluarga atau sanak saudara. Makanan ini bisa dibilang termasuk jenis kue basah dengan tekstur agak kasar. Meskipun sedikit keras namun saat digigit dalamnya terasa kenyal manis legit. Biasanya kue ini dibungkus kertas sederhana dengan cap merek tertentu.

Gambar Resep Wingko Babat Bisa Pakai Teflon atau Oven

Makanan sederhana ini biasanya dijajakan di stasiun kereta api atau terminal bus dengan harga yang relatif murah. Seringnya yang dijual dalam bentuk bulat dan agak karang yang dalam bentuk persegi panjang. Merek wingko sendiri yang lebih banyak dikenal orang adalah Wingko Babat Cap Kereta Api. Konon merek ini diperkenalkan pertama oleh orang Cina.

Wingko akan lebih nikmat jika disantap saat masih hangat. Rasa kelapa dan gula akan terasa sekali saat pertama menggigitnya. Bahan yang digunakan terbilang sedikit, yang paling utama adalah tepung ketan dan parutan kelapa. Proses pembuatan juga tidak membutuhkan waktu lama, namun yang perlu diperhatikan adalah pada saat pemanggangan. Untuk selalu cek hal ini agar tidak terlalu gosong.

Seiring waktu wingko memiliki varian rasa yang unik seperti coklat, durian, keju, pisang dan mangga. Kreasi masaknya ada yang memakai oven atau teflon serta cetakan juga tidak harus bundar, bisa dengan bentuk lain. Tentu jika anda membuat sendiri dirumah bisa dimodifikasi sesuai keinginan. Disini kami hanya membagikan resep originalnya yang simple dan ga ribet bikinnya. Anda boleh meniru yang disini atau dikreasikan bebas boleh juga. Jika tertarik mencoba bikin, langsung saja ikuti langkahnya berikut ini.

RESEP WINGKO BABAT PRAKTIS

BAHAN :
  • 300 gram kelapa setengah tua, kupas dan bersihkan kulit, parut
  • 175 gram gula pasir
  • 150 gram tepung ketan putih
  • 100 mililiter santan kental
  • 1 sendok teh vanilli bubuk
  • 1 butir telur ayam
  • 1/2 sendok teh garam
CARA MEMBUAT WINGKO BABAT :
  1. Campur gula pasir bersama dengan kelapa parut, garam dan vanilli.
  2. Aduk-aduk/remas dengan menggunakan tangan sampai gula larut dan tercampur merata.
  3. Tambahkan juga tepung ketan secara perlahan sambil diaduk terus sampai rata.
  4. Jika sudah, masukkan telur dan tuang santan sedikit demi sedikit sambil diuleni.
  5. Selanjutnya, adonan dibentuk bulat pipih lalu taruh didalam loyang yang sudah dioles mentega.
  6. Terakhir, panggang didalam oven sampai matang dan terlihat agak gosong.
Catatan : Jika bunda tidak mempunyai oven, bisa memanggang dengan teflon dan oles sedikit margarin dulu, baru setelah itu tuang adonan dan panggang dengan api sedang saja. Jangan lupa dibalik jika bagian satu sisi sudah matang kecoklatan.

Subscribe to receive free email updates: