Resep Ayam Lodho Nikmat, Menu Tradisional Tapi Eksis Sampai Sekarang

Resep Ayam Lodho Ala Pak Yusuf Khas Jawa Timur, Santapan Nusantara Yang Endess Banget Nikmatnya, Kamu Harus Coba. Daging ayam memang kerapkali dijadikan bahan kreasi masakan dapur bagi para chef, tidak heran jika tiap hari ada aja menu resep baru dengan bahan ini. Meskipun sudah muncul banyak hidangan modern berbahan ayam namun hidangan tradisional juga masih banyak penggemarnya, salah satunya adalah ayam lodho. Menu santap spesial ini berasal dari Tulungagung, namun ada juga yang mengatakan dari Trenggalek. Sebagian masyarakat Jawa tahu akan makanan ini.

Gambar Resep Ayam Lodho Ala Trenggalek Asli Lezat

Jika diperhatikan sekilas, ayam lodho hampir menyerupai masakan opor atau kare ayam. Hanya saja ada perbedaan cara memasaknya yaitu dibakar/dipanggang terlebih dahulu baru setelah itu direbus dengan bumbu tertentu. Dari teknik memasak inilah yang bikin khas citarasanya. Masakan ayam lain masih jarang melakukan dua tahap pematangan seperti ini.

Hidangan khas ini menggunakan bahan dasar ayam kampung yang mana dipercaya dagingnya memiliki rasa lebih gurih dan lezat. Keunikan rasa juga tersaji disini dimana perpaduan rasa bermain dilidah dari lezatnya kuah santan berpadu dengan pedas mantab dari banyaknya cabai yang digunakan. Tidak hanya sebatas itu saja, ayam lodho juga disajikan bersama nasi gurih dan urapan.

Pembuatan nasi disini mirip dengan nasi liwet pada umumnya sedangkan urapan terbuat dari berbagai sayuran yang direbus lalu diberi taburan parutan kelapa pedas. Proses membuat lodho ini perlu waktu lama, memang tidak instan tapi akan terbayarkan dengan rasanya yang enak maknyuss. Nahh bagi anda yang pecinta sajian daging ayam, cobalah menu santap yang khas ini, endesss banget deh enaknya. Wahh jauh donk harus ke Tulungagung..... tenang, masak sendiri aja dirumah, anda pasti bisa kok asal ikutin saja langkahnya dari resep yang sudah kami sertakan disini. Yuk coba bun biar makin pinter memasak dengan berbagai variasi resep kuliner nusantara!

RESEP AYAM LODHO ISTIMEWA

BAHAN DASAR AYAM PANGGANG :
  • 1/2 kilogram ayam kampung
  • 1/4 sendok makan ketumbar
  • 3 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • 5 buah cabai rawit
BAHAN BUMBU KUAH :
  • 300 mililiter air
  • 200 mililiter santan kental
  • 10 buah cabai rawit
  • 7 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 3 centimeter lengkuas
  • 3 centimeter kencur
  • 3 buah cabai merah
  • 2 sendok makan minyak goreng
  • 1/4 sendok makan ketumbar
  • 1/4 sendok makan garam
  • 1/4 sendok makan gula
  • 1/4 sendok merica
  • bawang goreng dan daun bawang iris secukupnya
CARA MEMBUAT AYAM LODHO :
  1. Langkah awal, daging ayam dibersihkan lalu dipotong jadi beberapa bagian sesuai keinginan, sisihkan dulu. Lalu haluskan bumbu seperti bawang putih, bawang merah, cabai rawit, ketumbar dan garam.
  2. Lumuri seluruh daging ayam dengan bumbu yang sudah dihaluskan kemudian panggang selama 10-15 menit. Berikutnya, haluskan bumbu kuah seperti bawang merah, bawang putih, lengkuas, cabai, ketumbar dan kencur.
  3. Tumis bumbu halus kuah sampai harum, angkat dan tiriskan. Setelah itu, rebus airnya dan masukkan ayam panggang beserta bumbu tumis, masak hingga mendidih.
  4. Tuang santan secara perlahan ke dalam rebusan sebelumnya sambil diaduk terus agar santannya tidak pecah. Beri garam, merica dan gula kedalamnya, masak kembali sampai daging empuk.
  5. Jika sudah matang, sajikan di piring bersama taburan bawang goreng dan irisan daun bawang.

Subscribe to receive free email updates: