Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Ayam Taliwang Sedap Asli Lombok

Resep Ayam Taliwang Sajian Lezat Khas NTB Yang Legendaris, Begini Rahasia Enaknya Yang Bikin Ketagihan Makan Lagi. Tak lengkap rasanya menyebut pecinta kuliner nusantara jika belum mencicipi masakan ayam taliwang. Sajian yang satu ini memang terbilang khas citarasanya. Jika digigit pertama kali pasti akan merasakan sensasi pedas mantap dan sedikit manis hingga ke bagian tulang ayam. Menu makan ini bisa dijumpai di resto, kedai atau warung pinggiran di Lombok, NTB. Biasanya disajikan bersama dengan sambal terong mentah atau beberuk terong.

Gambar Resep AyamTaliwang Sajian Sedap

Berdasarkan informasi kebudayaan kemendikbud, kuliner ayam ini diperkenalkan oleh masyarakat Karang Taliwang. Masakan ini sudah muncul sejak tahun 1960 dan masih eksis sampai sekarang ini meskipun sudah muncul banyak resep ayam modern. Konon, orang yang pertama menjual makanan ini adalah ibu Nini Manawiyah. Bahkan warungnya pernah disinggahi Jendral Ahmad Yani, sang pahlawan revolusi.

Saat ini warung yang menjajakan ayam taliwang sudah menyebar dimana-mana terutama kota-kota besar seperti Jakarta. Jadi untuk menikmatinya tidak harus jauh-jauh ke Lombok bahkan sudah ada yang lebih praktis lagi yaitu memesan lewat online yang mana sudah ada penjual yang siap mengirim makanan lewat jasa pengiriman.

Bahan yang dipakai untuk membuat hidangan ini adalah ayam kampung yang masih mudah sekitaran umur 3-5 bulan. Memang terlihat sekilas kecil mungil sajiannya, namun jangan heran jika rasanyanya tidak sekedar mungil. Dijamin sekali santap, kedepannya pasti kangen akan kuliner sedap ini. Harga yang ditawarkan juga cukup murah sekitaran 25-27 ribu. Bagi yang tidak tahan dengan pedasnya bisa memesan dengan tingkat kepedasan tertentu.

Memasak ayam taliwang sebenarnya tidak sulit, hanya membutuhkan beberapa tahapan saja. Jika ingin seperti asli dari Lombok, disarankan memanggang menggunakan kayu bakar kualitas tinggi seperti kayu nangka atau kayu kopi. Dengan arang kayu tersebut rasanya beneran maknyuss banget. Namun jika memang tidak ada bisa tetap pakai alat pemanggangan modern, tentunya rasa akan sedikit berbeda dengan yang original. Sajian ini cocok banget disanding bersama plencing kangkung.
 
BAHAN DASAR :
  • 600 mililiter santan dari 300 gram kelapa parut
  • 1 kilogram daging ayam, potong-potong sesuai selera
  • 1 sendok makan gula merah
  • 1 buah jeruk nipis
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh kaldu bubuk atau sesuai selera
  • minyak secukupnya untuk menumis bumbu
BAHAN BUMBU (HALUSKAN) :
  • 15 buah cabe merah keriting
  • 12 butir bawang merah
  • 7 siung bawang putih
  • 5 butir kemiri sangrai
  • 1 sendok makan terasi
CARA MEMBUAT AYAM TALIWANG :
  1. Pertama, daging ayam dicuci dengan air sampai bersih lalu balur dengan perasan jeruk nipis dan garam selama 40 menit.
  2. Setelah itu, panaskan minyak dengan api sedang dan tumis bumbu yang sudah dihaluskan. Lalu tuang santan secara perlahan.
  3. Kemudian masukkan potongan daging ayam beserta gula merah, garam dan kaldu bubuk. Aduk sampai tecampur merata dan kuah menjadi mengental.
  4. Langkah selanjutnya, siapkan alat pembakaran lalu ayam diangkat dari tumisan dan bakar dengan sisa bumbunya. Bolak balik sampai matang sempurna.