Resep Bolu Kukus Mekar Merekah Asli Lembut

Resep Bolu Kukus Mekar Ekonomis Tanpa Soda Anti Gagal, Camilan Ringan Sederhana Asli Lembut. Bolu kukus adalah jenis kue basah tradisional yang sangat populer di telinga kita. Pasti kita mudah menjumpainya di jajanan pasar atau toko kue. Yang menjadikan kue ini disukai banyak orang adalah tekstur lembut dan rasa manis. Bolu mekar ini sering dijadikan camilan ringan saat santai atau dijadikan suguhan untuk tamu rumah.

Gambar Resep Bolu Kukus Mekar Ala Fatmah Bahalwan

Aneka kreasi bolu kukus sebenarnya sangat banyak, namun yag paling sering ditemui adalah yang berbentuk seperti bunga mekar. Dari mekar yang merekah inilah menjadikan makanan ini menarik perhatian banyak orang terutama para ibu dan anak kecil. Kombinasi dari kue ini lebih identik dengan tampilan luar yang berwarna warni seperti varian warna pelangi.

Sebagian dari anda mungkin berpendapat bahwa tampilan luar tidak menjanjikan rasa didalamnya. Kue bolu yang satu ini dijamin rasa benar-benar enak, sekali santap pasti ingin tambah makan lagi. Hidangan lembut ini cocok untuk disajikan kapan saja dan tidak ada waktu khusus, mau dinikmati pagi, siang atau malam juga tetap enak.

Untuk membuatnya tidaklah sulit, hanya perlu beberapa bahan yang perlu dipersiapkan. Jika ingin tampilan yang sempurna, maka disarankan memakai cetakan khusus, anda bisa tanyakan langsung di toko bahan kue. Camilan ringan ini memang sudah nikmat disantap walau tanpa topping sekalipun.

RESEP BOLU KUKUS MEKAR GAMPANG BIKINNYA

BAHAN :
  • 250 gram tepung terigu
  • 200 gram gula pasir
  • 200 mililiter susu cair (3 sendok makan susu kental manis)
  • 3 butir telur ayam
  • 1 sendok teh ovalet (emulsifier)
  • 1 bungkus kecil (65 mililiter) santan instan kara
  • 1/4 sendok teh vanili bubuk
  • pewarna makanan : pink dan ungu atau kuning muda (masing-masing gunakan 1/4 sendok teh)
CARA MEMBUAT BOLU KUKUS MAWAR :
  1. Langkah awal, kocok telur bersama gula pasir, vanili dan ovale menggunakan mixer speed rendah sampai mengental (15 menit).
  2. Jika adonan sudah mengental, turunkan speed mixer kemudian masukkan terigu secara perlahan disusul dengan susu dan santan sambil diaduk terus hingga rata.
  3. Jika sudah selesai, bagi adonan jadi 3 bagian dan masing-masing diberi pewarna sebanyak seperempat sendok saja. Aduk sampai merata.
  4. Olesi cetakan mawar dengan sedikit mentega dengan menggunakan kuas. Sebelum menuangkan, alangkah baiknya kukusan dipanaskan terlebih dahulu.
  5. Langkah selanjutnya, tuang adonan ke dalam cetakan menggunakan sendok. Awalnya tuang satu adonan yang warna kuning kemudian yang pink sebelahnya serta ungu disampingnya.
  6. Lakukan sampai semua bahan habis, jangan lupa cetakan diisi penuh tapi jangan sampai meluber. Jika telah selesai, kukus ke dalam pengukus yang sudah disiapkan selama 15 menit.
  7. Angkat dan keluarkan dari cetakan. Bolu mawar siap dinikmati.

Subscribe to receive free email updates: