Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Bolu Kukus Pandan Asli Lembut

Resep bolu kukus pandan kali ini terbilang sederhana dan ekonomis, pemakaian telur disini aja 2 butir saja sehingga lebih murah dibanding jenis lain yang bisa memakai lebih dari 5 butir. Meskipun sederhana namun rasa tetap enak, tidak kalah rasanya dengan bolu kukus yang lain. Membuatnya bisa pakai atau tanpa mixer, yang pasti sama-sama menghasilkan adonan dengan tesktur empuk dan lembut.

Gambar Resep Bolu Kukus Pandan Ala Ny Liem

Bolu kukus pandan ini menawarkan sensasi aroma yang wangi serta tampilan warna hijau yang nyaman dipandang. Cake ini bisa disajikan dalam bentuk polosan atau dengan tambahan topping seperti krim putih yang disandingkan dengan keju parut, taburan gula bubuk atau siraman coklat pasta. Selain itu, untuk cetakan juga bebas, mau pakai yang berbentuk bundar atau kotak persegi juga tidak masalah.

Resep bolu pandan disini sengaja tidak memakai campuran santan, namun jika anda membuat sendiri dirumah boleh pakai campuran santan untuk menambah citarasa gurih. Untuk membuatnya tidaklah sulit, tidak perlu nunggu jadi ahli membuat cake dulu. Meskipun anda pemula sekalipun tetap bisa menghasilkan bolu kukus pandan dengan tangan sendiri. Anda bisa menghidangkan kue ini sebagai camilan santai dirumah atau suguhan untuk saudara yang berkunjung kerumah.

RESEP BOLU KUKUS PANDAN SEDERHANA

BAHAN :
  • 60 mililiter minyak untuk menggoreng
  • 11 sendok makan tepung terigu
  • 5 sendok makan gula pasir
  • 2 butir telur ayam
  • 2 sachet susu kental manis (larutkan dengan 60 mililiter air)
  • 1 sendok teh ovalet/sp
  • 1 sendok teh vanili
  • 1 sendok teh baking powder
  • pasta pandan secukupnya
  • margarine secukupnya untuk olesan loyang
CARA MEMBUAT BOLU KUKUS PANDAN :
  1. Campur telur dengan gula pasir dan ovalet. Aduk menggunakan mixer selama 15 menit sampai kental mengembang. Sisihkan dulu.
  2. Selanjutnya, siapkan panci kukusan dan panaskan dengan api sedang sampai airnya mendidih (jika ingin adonan tidak basah, beri lapisan lap kain).
  3. Sambil menunggu, adonan yang dibuat sebelumnya dicampur dengan tepung terigu, vanili dan baking powder. Aduk menggunakan spatula sampai menyatu.
  4. Tambahkan susu cair kedalam adonan dan aduk kembali sampai tercampur merata. Kemudian masukkan pasta pandan secukupnya saja (jangan terlalu banyak).
  5. Tambahan terakhir, masukkan minyak goreng ke dalam adonan sambil diaduk sekali lagi hingga bahan tercampur rata. Setelah itu, tuang ke dalam loyang yang sudah diberi olesan mentega.
  6. Terakhir, kukus selama kurang lebih 25 menit. Cek kematangan dengan ditusuk pakai garpu. Jika sudah matang, keluarkan dan sajikan dengan atau tanpa topping.