Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Es Hunkwe Nyess, Bikinnya Pakai Bahan Sederhana Banget

Es Hunkwe merupakan jajanan tradisional yang sampai sekarang masih eksis keberadaanya meskipun sudah banyak sajian es modern yang muncul. Makanan dingin ini sering dijajakan didepan sekolah-sekolah dengan harga yang relatif murah. Sensasi kenyal, empuk dan nyess akan terasa di lidah setelah menggigitnya. Memang cocok banget disantap saat siang hari.

Gambar Resep Es Hunkwe Sederhana

Ada yang menyebutkan makanan ini dengan nama lain yaitu "ES GABUS" karena orang lebih banyak mengenal dengan nama ini daripada sebutan es hunkwe. Bahan baku yang digunakan untuk membuatnya tentu dari tepung hunkwe. Ada yang memasaknya dengan atau tanpa santan sebagai campurannya.

Pembuatannya ada yang mengkreasikannya dengan berbagai warna seperti pelangi sehingga muncul juga sebutan "es lapis pelangi". Pewarna sendiri memakai bahan alami seperti essence atau pasta buah sehingga aman untuk dikonsumsi. Bisa dikatakan es hunkwe dengan warna warni seperti ini lebih menarik mata dibanding dengan yang polosan putih.

Jika anak anda suka jajan es, cobalah memberikan es hunkwe ini dengan hasil buatan anda sendiri. Tentu lebih hemat dan sehat karena jajanan diluar sana masih belum terjamin keamanannya. Anda bisa juga menjadikan camilan dingin ini untuk acara kumpul keluarga saat Lebaran atau bisa juga dijadikan campuran pada es buah, es teler atau es campur.

RESEP ES HUNKWE DISUKAI ANAK

BAHAN :
  • 1200 mililiter santan dari 1 butir kelapa
  • 250 gram gula pasir
  • 150 gram tepung hunkwe
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok makan pasta sesuai selera (melon, mangga atau strawberry)
CARA MEMBUAT ES HUNKWE :
  1. Pertama, bagi semua bahan menjadi 2 bagian atau sesuai selera dengan berapa lapis yang diinginkan. Untuk tiap lapisan, siapkan wadah lalu campur tepung hunkwe dengan sedikit santan saja untuk melarutkan.
  2. Setelah pembagian bahan selesai, mulai dari lapisan pertama. Panaskan santan, garam dan gula untuk putih (bisa ditambahkan pasta sesuai keinginan), aduk terus sampai mendidih. Setelah itu, tuang larutan hunkwe sebelumnya. Masak terus sampai mengental kemudian tuang ke dalam loyang jika sudah matang, ratakan agar terlihat rapi.
  3. Tahap berikutnya, lanjutkan bikin lapisan berikutnya dengan teknik yang sama lalu tuang ke loyang diatasnya adonan pertama yang sudah dibuat sebelumnya, ratakan kembali. Diamkan adonan beberapa saat supaya dingin, jika sudah keluarkan dan potong bentuk persegi panjang.
  4. Terakhir, bungkus menggunakan plastik dan simpan dalam freezer seharian atau sampai membeku. Es hunkwe siap dinikmati, bisa juga dijadikan tambahan es buah dengan dipotong kecil-kecil.