Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Ikan Asin Balado Pedas Mantab

Resep Ikan Asin Balado Asli Bikinnya Mudah Banget, Sajian Murah Meriah Tapi Rasa Tidak Murahan. Ikan asin menjadi salah satu bahan masakan yang cukup populer untuk para ibu-ibu. Memang ikan ini cukup mudah untuk diolah dibanding dengan jenis lainnya. Selain itu juga harganya lebih ekonomis sehingga tidak begitu menguras uang didompet.

Gambar Resep Ikan Asin Balado Nikmat Banget

Sebenarnya jenis ikan asin ini cukup beragam dan sebagian orang tidak begitu tahu akan hal ini. Masing-masing ikan memeiliki bentuk, ukuran dan citarasa tersendiri. Kebanyakan olahan masakan sering dicampurkan dalam sayur asem atau lodeh. Nahh biar makin jelas beberap jenis yang akan kami ulas sedikit disini.

1. Teri Jengki

Ikan ini cukup unik rasanya yaitu agak asin tapi juga sedikit pahit. Ukurannya agak besar dibandingkan jenis teri yang lain.

2. Teri Medan

Teri yang satu ini memang cocok untuk sambal balado atau campuran kering tempe karena memang ukurannya yang cuku kecil.

3. Ikan Peda

Ikan ini biasanya dijadikan tambahan lalapan bersama lauk lain. Sebelum diasinkan ikan terlebih dahulu diasinkan.

4. Ikan Asin Cucut

Ikan jenis ini termasuk paling banyak diolah ke berbagai masakan lezat, biasanya sebagai salah satu bahan utama untuk isian makanan arem-arem.

5. Ikan Asin Tembang

Tembang menjadi salah satu yang cukup populer untuk bahan masakan Betawi mulai dari sayur asem hingga pecak tembang. Harganya juga relatif murah untuk per kilonya.

Nahh demikian beberapa macam ikan asin yang kami ulas singkat saja, sebetulnya ada banyak, anda bisa mencari jenis lainnya di sumber-sumber lain. Proses pembuatan ikan asin cukup sederhana yaitu dengan pengawetan menggunakan garam sehingga rasanya sudah gurih tanpa perlu menambah garam lagi dalam masakan. Olahan masakannya tidak hanya dijadikan sambal, tapi juga bisa dibuat kreasi lainnya seperti ikan asin balado yang akan kami ulas resepnya disini. Pastinya menu ini tidak kalah lezat dan sedap.

Sajian balado ini bisa disandingkan dengan tumisan sayur atau sup daging. Sebenarnya disantap langsung dengan nasi putih juga nikmat. Bagi pecinta makanan asin tentu tidak mau ketinggalan akan hidangan sederhana ini. Jika itu adalah anda, wajib untuk mencobanya sekarang juga. Jika berminat ingin masak sendiri, ikutin saja resepnya disini.

RESEP IKAN ASIN BALADO SEDERHANA

BAHAN :
  • 1/4 kilogram ikan asin tipis
  • 1/2 sendok teh sasa
  • 1 sendok teh gula putih
  • 1 ons cabe merah
  • 1 bungkus kecil masako
  • 5 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • minyak goreng secukupnya
CARA MEMBUAT IKAN ASIN BALADO :
  1. Pertama, ikan dibersihkan dengan air lalu goreng sampai kering.
  2. Berikutnya, haluskan bawang putih, cabe merah dan bawang merah.
  3. Tambahkan sasa, gula putih dan masako kedalam bumbu halus.
  4. Tumis bumbu yang telah dihaluskan sampai harum.
  5. Setelah itu, masukkan ikan asin dan aduk sampai tercampur rata.
  6. Terakhir, matikan kompor dan sajikan selagi hangat.