Resep Kue Talam Singkong Asli Lembut

Resep Kue Talam Singkong Sederhana Ala Khas Padang, Jajanan Tradisional Yang Gampang Kamu Bikin Sendiri Tanpa Merogoh Kocek Yang Dalam. Talam adalah salah satu jenis kue basah yang sering kita jumpai di jajanan snack pinggiran jalan terutama ketika bulan puasa. Kudapan ringan ini memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang gurih serta manis legit. Bahan baku yang paling umum digunakan adalah singkong dan tepung beras. Selain itu juga dipadu dengan gula merah Jawa yang membuat kue ini makin nikmat saat disantap.

Gambar Resep Kue Talam Singkong Ala Padang Beneran Lembut

Sebenarnya variasi dari kue talam sangat banyak, biasanya lebih identik dengan bahan dasar yang digunakan, mulai dari ubi ungu, singkong, pisang, ketela dan lainnya. Walaupun memakai bahan apa saja tetap sama sama enak. Kue ini akan terasa lebih mantap jika dimakan saat dingin. Untuk penyajian bisa dipadu dengan kolak atau puding saat mau berbuka puasa.

Nahh sebentar lagi akan datang bulan Ramadhan, alangkah baiknya dari sekarang menyiapkan berbagai menu takjil harian baik berupa kue, es buah, kue kering atau yang lain. Salah satu yang bisa dicoba adalah kue talam singkong ini. Untuk membuatnya tidaklah sulit karena bahan yang dipakai tidak begitu banyak. Kenapa kami menyarankan untuk menyajikan makanan lembut ini? Karena sajian ringan ini juga dapat memberikan energi pada tubuh dari aktivitas berpuasa seharian, kan berbuka itu harus yang manis-manis bukan.... Yuk pada coba bikin ya.

RESEP TALAM SINGKONG MURAH MERIAH

BAHAN I :
  • 500 gram singkong parut, parut peras 50 mililiter airnya dan buang
  • 250 mililiter santan kental dari 1 butir kelapa
  • 200 gram gula merah sisir halus
  • 1/2 sendok teh garam
BAHAN II :
  • 250 mililiter santan dari 1/2 butir kelapa
  • 50 gram tepung sagu
  • 35 mililiter air panas
  • 20 gram tepung beras
  • 1/2 sendok teh garam
CARA MEMBUAT KUE TALAM SINGKONG :
  1. Bahan I, remas singkong bersama gula merah dan garam. Kemudian tuang santan dan aduk sampai tercampur rata.
  2. Tuang adonan kedalam cetakan yang sudah dioles minyak sebelumnya setinggi 3/4 bagian. Kukus hingga setengah matang (15 menit).
  3. Bahan II, masak santan dan garam sambil diaduk terus hingga mendidih. Jika sudah, matikan api dan biarkan sampai dingin, sisihkan.
  4. Selanjutnya, campur tepung beras, sagu beserta air panas. Aduk sampai semua bahan tercampur. Tuang rebusan santan kedalam campuran tepung, aduk sekali lagi.
  5. Terakhir, tuang bahan II diatas bahan I, kukus kembali selama 10 menit sampai matang. Keluarkan dari pengukus jika telah matang lalu sajikan selagi hangat.
Untuk 30 buah

Subscribe to receive free email updates: