Resep Roti Sobek Asli Empuk dan Lembut

Resep Roti Sobek Sederhana Ala Sari Roti Beneran Enak Banget, Sajian Ringan Yang Bikin Suasana Kumpul Makin Betah. Kami yakin kalau anda sekalian sudah mengenal roti sobek empuk yang satu ini. Meskipun nampak sederhana namun banyak orang suka dengan makanan ini terutama anak kecil. Seringnya dijadikan camilan ringan saat pagi hari bersama susu coklat/putih panas. Anda patut mencicipinya jika belum pernah sekalipun menyantap roti sobek.

Gambar Resep Roti Sobek Ala Happy Call Manis

Kami sendiri juga kurang tahu kenapa disebut "roti sobek" serta tidak menemukan sumber dari mana asal roti legit ini. Pada umumnya bisa dijumpai di toko kue yang dijual dengan model bulat atau kotak dan bentuk satuannya terlihat seperti bulatan kecil yang mengembang. Bahan baku yang digunakan juga hampir mirip dengan kue basah lainnya yaitu tepung terigu, susu cair dan telur. Selain itu penggunaan ragi juga diaplikasikan disini untuk membuat adonan lebih mengembang.

Proses pematangan adonan dibagi menjadi 2 macam yaitu pengukusan tanpa oven dan pemanggangan dengan oven. Menurut kami yang lebih enak adalah dengan cara dipanggang. Roti sobek ini juga bertambah nikmatnya dengan isian seperti nangka, pisang, coklat padat dan keju. Untuk toppingnya ada yang polosan biasa serta ada juga dengan tambahan parutan keju dan meses coklat. Semua sama-sama enak, tergantung selera masing-masing. Nah bagi anda yang tertarik ingin coba merasakan kelezatan hidangan ringan ini, kami sudah sertakan resep komplitnya.

RESEP ROTI SOBEK MANIS

BAHAN :
  • 260 gram tepung terigu protein tinggi
  • 130 cc susu cair (bisa di ganti dengan air putih)
  • 30 gram margarin
  • 30 gram gula pasir
  • 1 butir telur
  • 1 sendok teh ragi instan
  • 1 butir kuning telur di kocok lepas untuk olesan
  • coklat padat secukupnya untuk isian
  • irisan pisang secukupnya untuk isian
  • meses coklat dan parutan keju secukupnya
CARA MEMBUAT ROTI SOBEK :
  1. Campur tepung terigu, gula pasir dan ragi instan dalam wadah, aduk sampai merata. Tambahkan susu cair beserta telur ke dalam adonan, aduk hingga setengah kalis.
  2. Setelah itu, masukkan mentega dan aduk lagi sampai benar-benar kalis. Tutup rapat wadah lalu simpan selama 30 menit. Jika sudah, kempiskan adonan dan giling dengan rollong pin/botol kaca.
  3. Bagi adonan menjadi bulatan-bulatan kecil kemudian diamkan lagi selama 1 jam atau lebih. Selanjutnya, kempiskan adonan sebelumnya lalu beri isian dengan pisang dan coklat di tengahnya.
  4. Lipat/bulatkan kembali agar isian tidak tumpah kemudian susun didalam loyang (sudah dioles mentega dan ditaburi sedikit terigu). Beri jarak sedikit, diamkan selama 40 menit agar roti mengembang.
  5. Terakhir, oles roti dengan kuning telur dan taburi meses/keju parut secukupnya. Panggang/bakar sampai matang kuning kecoklatan.

Subscribe to receive free email updates: