Hadiah 1 Unit Mobil Keren Klick Gambar Di Bawah Ini!!

Klick Ini Jika Ingin Mendapatkan Mobil

Resep Soto Bogor Ala Pak Salam Asli

Resep Soto Bogor Spesial Sajian Sedap Paling Enak dan Mantap, Kuliner Sahih Yang Wajib Kamu Coba Para Penikmat Hidangan Berkuah. Kita pasti mengenal Bogor sebagai kota hujan. Meskipun disana lebih identik dengan cuaca dingin, tapi ternyata banyak kuliner penghangat badan yang enak dan sedap, salah satunya adalah soto mie. Mungkin sebagian dari anda berpikir, soto kok dikasih mie...?. Ga perlu membayangkan seperti apa rasanya, buktikan sendiri dengan menyantapnya langsung ditempat.

Gambar Resep Soto Bogor Asli Istimewa

Memang soto biasanya hanya sederhana dengan nasi putih yang diberi tauge dan daging lalu disiram kuah bening. Soto bogor ini sedikit berbeda dengan jenis lainnya mulai dari bahan yang digunakan sampai kuahnya. Penyajian cukup banyak dan padat dalam satu mangkuk. Menu ini memang sangat enak disantap sebagai sarapan pagi dengan sambal merah yang pedas mantab beserta perasan jeruk untuk menambah rasa segar.

Soto ini juga memakai bahan baku daging sandung lamur yang merupakan bagian daging sekitaran dada bawah/ketiak. Lemak dari daging ini tidak akan larut saat dimasak, dari sinilah muncul citarasa khas kuahnya yang menjadi kaldu dari rebusan lamur tersebut. Menu santap nikmat ini juga dilengkapi dengan risol goreng sehingga membuat makan semakin puas.

Tergiur dan penasaran seperti apa kenikmatan soto mie ini?. Tak usah jauh berkunjung ke Bogor. Bikin sendiri aja dirumah bisa kok, baca dan tiru saja resepnya disini. Memang sekilas terlihat kompleks banget namun sebenarnya saat memasaknya mudah. Resep masakan kali ini cocok bagi anda yang memang suka makanan berkuah.

RESEP SOTO MIE BOGOR ISTIMEWA

BAHAN UTAMA :
  • 500 gram daging sandung lamur rebus dan potong kecil sesuai selera anda
  • 3 lembar daun jeruk
  • 2 lembar daun salam
  • 2 batang serai, geprek
  • 2 liter air
BAHAN BUMBU (HALUSKAN) :
  • 6 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 2 sendok makan ebi, sangrai baru dihaluskan
  • 2 butir kemiri
  • 3/4 sendok makan lada halus
  • 1 1/2 sendok makan garam
BAHAN PELENGKAP :
  • 4 batang daun bawang besar, iris halus
  • mie basah, siram air panas
  • kol, iris halus
  • emping goreng
  • bawang goreng
  • jeruk limau
  • kecap manis
  • sambal rawit
  • bihun
  • tomat
  • risol
BAHAN SAMBAL :
  • 100 gram cabe rawit merah
  • 7 siung bawang merah
  • garam dan gula pasir secukupnya
CARA MEMBUAT SOTO MIE BOGOR :
  1. Langkah pertama, rebus daging dengan air menggunakan api agak besar sampai empuk.
  2. Jika sudah, angkat, tiriskan dan potong dengan bentuk bebas.
  3. Air rebusan jangan dibuang, saring sebanyak 1,5 liter untuk kaldu.
  4. Selanjutnya, panaskan sedikit mintak dan tumis bumbu halus sampai harum.
  5. Tuang tumisan kedalam kaldu yang sudah mendidih sebelumnya.
  6. Tambahkan daun salam dan daun jeruk lalu masak lagi dengan api kecil saja selama 15 menit.
  7. Disisi lain, bikin sambalnya, tumis semua bahan sampai matang. Setelah itu beri sedikit air perasan jeruk nipis. Tuang ke mangkuk.

RISOL SOTO MIE

BAHAN KULIT :
  • 400 mililiter air
  • 120 gram terigu serbaguna
  • 4 telur
  • 1 sendok teh garam
BAHAN ISIAN :
  • 60 gram tauge
  • 1 buah wortel, serut kasar
  • 1 bungkus kecil soun, siram air panas, tiriskan
BAHAN BUMBU (HALUSKAN) :
  • bawang putih secukupnya
  • garam dan lada secukupnya
CARA MEMBUAT KULIT RISOL :
  1. Campur seluruh bahan kulit sampai tercampur merata.
  2. Lalu adonan dibuat dadar tipis. Sisihkan terlebih dulu.
  3. Berikutnya, tumis bumbu halus bersama bahan isian sampai matang.
  4. Jika sudha, angkat lalu masukkan kedalam kulit risol.
  5. Goreng sampai matang kuning kecoklatan. Setelah itu, iris kecil-kecil.
PENYAJIAN :
  1. Siapkan mangkuk saji sesuai keinginan.
  2. Susun mie, kol, bihun, irisan tomat, irisan risol dan daging.
  3. Masukkan air jeruk limau dan tuang kuah secukupnya.
  4. Tambahkan bawang goreng, irisan daun bawang, emping dan kecap.
  5. Sajikan bersama nasi putih hangat dan sambal.

Subscribe to receive free email updates: