Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Tofu Saus Tiram Sederhana

Resep Tofu Saus Tiram Ala D'Cost Asli Yummy dan Enak Banget, Hidangan Lezat Yang Gak Susah Bikinnya. Apakah anda penikmat masakan berbahan baku tahu? Atau anda suka dengan jajanan tahu goreng?. Nah coba untuk menyantap dengan bahan sejenisnya yaitu tofu. Sebagian orang melihat sekilas hampir sama saja, namun sebenarnya ada perbedaan mendasar diantara keduanya.

Tahu memiliki kadar air yang lebih sedikit sehingga tekstur lebih padat dan berisi. Proses pembuatan biasanya diletakkan dalam wadah tertentu lalu digencet menggunakan pemberat supaya kadar air didalamnya turun dan menyusut banyak. Setelah itu, tahu baru bisa dipotong-potong sesuai selera, seringnya kotak persegi.

Untuk tofu sendiri memiliki tingkat kadar air yang sangat tinggi sehingga memiliki tekstur yang lebih lembut dan licin. Adonan ini ditempatkan dalam wadah tebal seperti plastik yang berbentuk tabung tanpa mengurangi kandungan air. Plastik tebal ini berfungsi untuk menjaga kandungan air agar tidak menguap keluar.

Karena perbedaan tekstur dan tingkat ketebalan itu juga melibatkan teknik memasaknya. Perlakuan dari masing-masing harus dibedakan dan tidak bisa disamakan. Tofu sangat mudah hancur sehingga memotongnya harus hati-hati, sedangkah tahu lebih kuat, jadi memotongnya langsung tidak masalah. Jika ingin mengolahnya, potong dari bagian tengah jadi dua bagian lalu dorong dari ujung ke luar dengan dipencet.

Gambar Resep Tofu Saus Tiram Mantap Rasanya

Kreasi masakan berbahan tofu sangat beragam, mulai dari tumisan, gorengan maupun kukusan. Biasanya bahan pangan ini dijadikan campuran sup atau tumis sayur. Nahh kali ini kami membagikan kreasi resepnya yaitu tofu saus tiram. Masakan yang satu ini menurut kami benar-benar sedap, tidak kalah lezat dengan tumisan saus tiram lain yang memakai bahan ayam, ikan atau tempe. agar tofu tidak mudah hancur, maka dilakukan langkah penggorengan terlebih dahulu. Nah bagi anda yang sering memasak makanan berbahan tahu seperti sambal goreng tahu, oseng-oseng tahu atau yang lain, tidak ada salahnya mencoba bikin menu masak yang satu ini, dijamin juga enak banget kok. Untuk resepnya, silahkan baca info lengkap disini, jangan lupa dipraktekin ya...

RESEP TOFU SAUS TIRAM BENERAN SEDAP

BAHAN UTAMA :
  • 2 bungkus tofu
  • 2 batang brokoli
BAHAN BUMBU :
  • 3 butir bawang putih, cincang
  • 1 bungkus saori saus tiram
  • 1 sendok teh tepung maizena, larutkan
  • 1 sendok teh gula
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 1/2 butir bawang bombay, potong-potong
  • 1/2 sendok teh garam
  • royco secukupnya
  • air secukupnya
CARA MEMBUAT TOFU SAUS TIRAM :
  1. Potong tofu sesuai keinginan, usahakan jangan sampai terlalu tipis.
  2. Selanjutnya potongan tofu digoreng sampai matang kecoklatan, angkat dan sisihkan.
  3. Berikutnya, potong brokoli lalu cuci dengan air sampai bersih. Rebus sampai setengah matang, tiriskan dan sisihkan.
  4. Tumis bawang bombay sampai layu kemudian masukkan bawang putih dan merica, aduk rata.
  5. Setelah itu, tuang air secukupnya saja. Tambahkan saus tiram, royco, gula dan garam sambil diaduk hingga semua bahan tercampur.
  6. Kemudian tambahkan larutan maizena bersama dengan tofu goreng dan brokoli. Masak sampai kuah agak mengental serta tofu matang.
  7. Terakhir, tuang ke mangkuk saji jika sudah matang. Taburi bawang goreng sebagai pelengkap.