Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Yogurt Plain Homemade, Dijamin Bikin Kamu Tambah Sehat

Resep Yogurt Plain Bikinnya Ala Rumahan, Minuman Smoothie Yang Ga Hanya Enak Tapi Juga Kaya Manfaat. Yogurt merupakan minuman susu yang diproduksi oleh bakteri fermentasi tertentu. Umumnya bahan dasar pembuatan dari susu sapi, tapi ada juga yang pakai susu kedelai. Yogurt memiliki aroma asam khas dan tekstur lebih kental dan padat. Sebenarnya proses fermentasi melibatkan satu organisme yang bernama bakteri asam laktat. Minuman ini memiliki kelebihan dan manfaat yang tidak kalah dari susu. Berikut ulasan lengkapnya.

Gambat Resep Yogurt Plain Lezat Tapi Juga Sehat

Kelebihan Yoghurt :
  • Meminum yoghurt secara konsisten secara otomatis mampu menetralisir bakteri jahat dalam tubuh sehingga daya tahan tubuh semakin meningkat. Hal ini karena didalamnya terdapat banyak bakteri baik.
  • Kandungan lactobacillus dalam yoghurt cukup tinggi sehingga dapat mencegah pembentukan kolestrol dalam darah yang mana muncul dari pola makan kita yang tidak sehat seperti mengkonsumsi gorengan atau jerohan.
  • Jika kita mengkonsumsi yoghurt sebanyak 1 mangkuk tiap hari, itu sudah mencukupi asupan vitamin D dan kalsium untuk menjaga tulang agar tidak cepat rapuh. Kalsium disini juga berperan penting untuk memperkuat tulang sehingga terhindar dari penyakit osteoporosis.
  • Yoghurt juga kaya akan nutrisi seperti vitamin B5, fosfor, kalium, yodium dan seng yang pasti sangat baik untuk tubuh. Tidak hanya sebatas itu saja, vitamin B12 juga ada didalamnya sehingga mampu meningkat kinerja sistem saraf.
Di supermarket atau minimarket biasa yogurt yang dijual ada dua jenis yaitu plain/tanpa rasa dan non-plain dengan tambahan perasa buah-buahan seperti jeruk, strawberry dan leci. Plain yogurt ini paling banyak diolah ke berbagai sajian seperti es krim, salad, froyo, juice yogurt dan lainnya. Tidak sebatas itu saja, jenis plain ini juga baik untuk sakit sariawan dan maag.

Yoghurt tanpa tambahan rasa ini juga baik untuk kecantikan kulit tubuh dan wajah. Selain untuk konsumsi luar tubuh juga cocok untuk dalam tubuh. Sebagian besar minimarket lebih menjual yang tipe tambahan perasa buah, untuk yang tanpa rasa biasanya terbatas. Nahh barangkali anda berminat ingin coba bikin sendiri dirumah, silahkan ikutin saja resep detail dibawah ini.

RESEP YOGURT SEDERHANA

BAHAN :
  • 1 liter susu UHT full cream
  • 125 gram yogurt plain, untuk biang pake merk yummy/bebas
CARA MEMBUAT YOGURT SENDIRI :
  1. Rendam wadah penyimpanan yoghurt didalam air mendidih agar steril lalu keringkan.
  2. Berikutnya, rebus susu didalam panci dengan api sedang sambil diaduk terus (tidak sampai mendidih).
  3. Setelah itu, rebusan susu didiamkan sebentar sampai agak hangat.
  4. Tuang biang yogurt ke wadah steril kemudian masukkan susu hangat secara perlahan, aduk rata.
  5. Tutup wadah sampai rapat dengan plastik dan selimuti dengan kain agar suhu terjaga. Diamkan selama 10 jam.
  6. Jika sudah, simpan yogurt didalam lemari pendingin untuk dinikmati kapan saja (tingkat keawetan sekitar 2 minggu).