Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Zuppa Soup Ala Rumahan

Resep Zuppa Soup Mudah dan Praktis Asli Enak, Sajian Ringan Yang Cocok Disantap Saat Musim Hujan. Sebagian orang barangkali belum familiar dengan kuliner santapan zuppa soup. Bisa dikatakan menu ini sangat unik dimana memadukan sup kental yang dibungkus dengan roti padat dan renyah. Menurut informasi, makanan ini diadopsi dari daerah dataran Eropa yang awalnya hanya disajikan pada resto-resto mewah. Pada mulanya hanya kalangan menengah atas yang dapat menikmatinya. Namun seiring waktu masyarakat biasa bisa menikmatinya karena sudah banyak penjual kaki lima yang menjajakannya.

Gambar Resep Zuppa Soup Mudah Ala JTT dan Ricke

Soup ini agak beda dengan jenis yang lain yang mana memiliki kuah yang bening. Zuppa memberikan sensasi kuah krim kental dengan rasa lembut dan gurih. Sajian ini terbilang sangat inovatif dimana roti yang dipakai tidak ikut basah karena kuahnya. Zuppa akan lebih nikmat disantap dalam keadaan hangat dengan dicocol atau dicampur saus sambal pedas. Wadah yang dipakai untuk sajian juga beragam, mulai dari mangkuk dan gelas saji.

Saat ini zuppa soup sudah mulai diburu orang karena rasanya yang enak sekaligus harganya cukup ekonomos. Satu porsi biasanya dibandrol dengan harga 8-10 ribu rupiah. Hidangan ini sekarang juga dijadikan menu santap untuk pesta pernikahan. Tak sedikit juga yang menjadikannya sebagai ladang bisnis yang menjanjikan.

Proses pembuatan makanan ringan ini cukup gampang. Anda bisa bikin sendiri dirumah jika disekitar anda masih belum ada yang menjualnya. Anda bisa mejadikannya suguhan untuk tamu atau sajian untuk acara penting seperti arisan atau rapat RT. Yang terpenting adalah wadah yang dipakai, gunakan mangkuk atau gelas saji yang tahan terhadap suhu panas tinggi, biasanya sekitar 200 derajat celcius.

Untuk kulit puff pastry sendiri juga bisa bikin sendiri atau jika ingin lebih praktis bisa membeli yang sudah siap saji di swalayan besar, umumnya dijual dalam bentuk beku. Jika akan dibuat zuppa, diamkan dulu sampai suhu ruang kemudian digilas tipis. Bagi anda yang berminat ingin merasakan menu makan khas ini, silahkan beli diluar atau lebih hemat bikin sendiri dirumah. Resep sudah kami beberkan disini, anda tinggal praktekin saja. Sajikan untuk camilan rumah saat kumpul bareng keluarga atau sebagai suguhan di ruang tamu.

RESEP ZUPPA SOUP SPESIAL

BAHAN KULIT :
  • puff pastry instan, potong sesuai wadah (bisa dicari di supermarket)
BAHAN KRIM SOUP :
  • 50 gram keju cheddar parut
  • 2 sendok makan tepung terigu
  • 1 liter susu cair putih full cream
  • margarine secukupnya
BAHAN ISIAN :
  • 2 buah bawang putih cincang halus
  • 2 buah sosis sapi/ayam
  • 2 buah kuning telur untuk olesan
  • 1 buah bawang bombay ukuran sedang
  • 1 potong ayam filet
  • 1 buah jagung manis
  • margarin secukupnya untuk menumis
  • garam dan merica secukupnya
  • gula secukupnya
  • penyedap rasa sapi (optional)
CARA MEMBUAT ZUPPA SOUP :
  1. Panaskan oven terlebih dahulu agar pemanggangan tidak terlalu lama.
  2. Selanjutnya, ayam fillet dan sosis sapi dipotong dadu serta jagung manis dipipil sampai habis.
  3. Langkah berikutnya, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum.
  4. Tambahkan potongan ayam fillet dan sosis beserta pipilan jagung kedalam tumisan. Masak sampai setengah matang, sisihkan.
  5. Disisi lain, panaskan sedikit margarin lalu masukkan tepung terigu. Tumis sampai kedua bahan menyatu.
  6. Jika sudah, tuang susu cair kedalam tumisan dan aduk hingga tepung larut dan mengental (aduk terus agar susu tidak pecah).
  7. Kemudian masukkan sosis, ayam dan jagung yang telah ditumis sebelumnya. Tambahkan juga parutan keju, gula, lada bubuk serta penyedap rasa.
  8. Masak adonan sebelumnya sampai mendidih dan jangan lupa diaduk-aduk terus agar susu tidak pecah. Cek rasa jika ada yang kurang.
  9. Selanjutnya, tuang krim soup yang dimasak sebelumnya kedalam gelas tahan panas, isian jangan sampai penuh. Lalu tutup dengan kulit pastry.
  10. Oleskan dengan kocokan kuning telur. Panggang dengan suhu 180-200 derajat celcius dengan api bawah selama kurang lebih 15-20 menit sampai kulit agak munjung/melembung dikit.
  11. Jika sudah melembung, naikkan ke rak atas pada oven dan panggang lagi sebentar sampai matang berwarna kecoklatan.