Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Talam Ubi Yang Lezat

Resep Talam Ubi – Kue tradisional ini juga semakin terkenal lho, iya kue yang berbahan dasar ubi ini memang menjadi populer hingga saat ini. Dengan banyaknya variasi serta isi yang dapat membuat kue ini menjadi lebih lezat dan populer lagi lho. Untuk itu bagi Anda yang pecinta dan rindu akan rasa dari kue tradisional, kami dapat membantu Anda.

Dan di sinilah kami dengan membawakan resep Aneka Kue talam ubi spesial yang dapat Anda buat dan menghidangkannya kepada keluarga di rumah. Tidak ada salahnya jika Anda menyajikannya saat waktu berkumpul bersama di sore hari, maka kue ini siap untuk menemani Anda dengan secangkir teh hangat.

Resep Talam Ubi


Resep Talam Ubi


Terdapat bahan dan cara membuat resep talam ubi yang lezat ini, Anda bisa partikkan dengan menyimak ulasan singkat di bawah ini!

Bahan Membuat Resep Talam Ubi

  • ½ KG ubi jalar 
  • 150 gram tepung beras
  • 100 gram tepung tapioka
  • 700 ml santan (bagi 2 untuk lap atas)
  • 150 air biasa
  • 250 gram gula pasir
  • ½ sendok teh garam

Bahan Untuk Lapisan Atas Kue

  • ½ bagian santan atau setara dengan 350 ml
  • 125 gram tepung beras
  • 30 gram tepung tapioka
  • ¼ sendok teh garam

Cara Membuat Resep Talam Ubi

  1. Untuk langkah yang pertama dalam membuat resep talam ubi ini, kita siapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang akan kita gunakan untuk membuat menu ini. Usahakan menyediakannya dengan lengkap agar Anda ketika membuatnya lebih mudah dan nyaman.
  2. Langkah yang kedua, kita siapkan wadah lalu campurkan tepung beras, tepung tapioka, gula pasir, santan, ubi yang telah dikukus dan dihaluskan terlebih dahulu dan juga garam dengan menambahkan sedikit air. Belender sampai halus lalu saring menggunakan saringan agar lembut.
  3. Langkah yang ketiga, bagi menjadi 2 cetakan, bisa juga menggunakan cetakan yang kecil (jangan lupa olesi cetakan dengan sedikit minyak agar tidak lengket)
  4. Langkah yang keempat, panaskan kukusan dan kukus adonan yang telah dicetak tadi selama 20 menit. Sambil menunggu matang, kita buat adonan untuk lapisan atas. 
  5. Langkah yang kelima, siapkan wadah bersih dan tuang santan 350 ml dengan tepung beras, tepung tapioka serta garam. Aduk hingga rata. Setelah 20 menit berlalu tuang adonan atas ke dalam Loyang lalu kukus lagi hingga 20 menit mendatang. Jangan lupa untuk mengecek kematangan dan angkat jika sudah matang. Tunggu dingin agar kue mudah dilepaskan dar Loyang.

Cara Menghidangkan

Sajikan bersama parutan kelapa dan siraman gula merah cair di atasnya.

Itulah cara membuat resep talam ubi spesial yang dapat Anda jadikan sebagai menu camilan favorit teman minum teh bersama keluatga bahkan sahabat. Dan jangan lupa untuk melihat resep kue kering lebaran. Terimakasih dan selamat mencoba