Resep Tape Ketan, Enak Tidak Ya?

Resep Tape Ketan – Siapa yang tidak suka dengan tape ketan? Hampir semua orang menyukai yang namanya ketan asam manis ini. Biasanya tape ketan ini terkenal saat ada hajatan atau acara besar, nah bagi Anda yang menyukai tape ketan sekarang bisa lho menikmati sendiri bersama keluarga.

Lantas, seperti apa tape ketan yang akan kita kreasikan bersama ini? Untuk lebih jelasnya, luangkan waktu sejenak untuk melihat agar Anda dapat mengetahui dengan melihat resep Aneka Camilan tape ketan andalan kami ini, mari berkreasi bersama.

Resep Tape Ketan


Resep Tape Ketan

Ada beberapa bahan dan cara membuat resep tape ketan yang dapat Anda praktikkan dengan menyimak ulasan singkatnya di bawah ini!

Bahan Membuat Resep Tape Ketan

  • 2 KG beras ketan 
  • 5 butir ragi tape (haluskan)
  • 8 sendok makan gula pasir
  • 7-8 gelas air panas
  • 2 sendo makan pasta pandan
  • Daun pandan (secukupnya)
  • Daun pisang (secukupnya)
  • Toples dengan penutup yang rapat (secukupnya)

Cara Membuat Resep Tape Ketan

  1. Langkah yang pertama dalam resep tape ketan kali ini, kita dapat mencuci bersih beras ketan hingga kesat. (disarankan 5 kali cuci) setelah itu, rendam ketan beras dengan air yang ditambahkan dengan pasta pandan selama 2 jam.
  2. Langkah yang kedua, kita dapat langsung panaskan kukusan, lalu cuci 1 kali lagi beras yang habis direndam, tiriskan. Setelah kukusan beruap, kita masukkan beras. Tutup rapat dan kukus selama 20 menit.
  3. Langkah yang ketiga, kita dapat didihkan 7 hingga 8 gelas air. Setelah beras dikukus setengah matang, pindahkan dalam wadah besar. Mulai aron dengan air panas sedikit demi sedikit sambil diaduk rata agar air terserap oleh beras.
  4. Langkah yang keempat, kita bisa kukus kembali ketan yang sudah diaron selama 20 menit atau hingga matang. Ingat, jika ingin mencicipi gunakan sencok bersih dan jangan comot dengan tangan.
  5. Langkah yang kelima, setelah matang, angkat dan pindahkan ketan pada wadah yang lebar dengan dialasi daun pisang. Biarkan hingga benar-benar dingin.
  6. Langkah yang keenam, taburkan ragi dan gula sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata pada ketan. 
  7. Langkah yang terakhir, setelah merata, masukkan dalam toples yang dialasi daun pisang. Letakkan daun pandan di atasnya dan tutup rapat toples. Simpan di tempat aman dan bersih selama 2 hari 2 malam. Pantau kematangan dengan melihat adanya air yang dihasilkan dari fermentasi, akan muncul mulai hari pertama dan akan semakin banyak jumlahnya.

Cara Menghidangkan

Sajikan menu di atas bersama tetel dan simpan di kulkas lebih nikmat.

Bagaimana menu andalan kami kali ini? Lezat bukan? Anda pun dapat membuatnya dan menghidangkan resep tape ketan tersebut ke pada keluarga tercinta di rumah. Jangan lupa untuk melihat Resep Kue Kering Lebaran.Terimakasih dan selamat mencoba 

Subscribe to receive free email updates: