Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Kolak Pisang sederhana, manis dan lezat

Resep kolak pisang – pisang merupakan buah yang benar-benar cocok untuk di guanakn sebagai hidangan. Salah satunya yaitu kolak pisang. kolak pisang menjadi makanan favorit saat bulan ramadhan tiba. Banyak pedagang-pedagang yang  akan berjualan kolak pisang sebagai menu takjil ketika sore hari.  Kolak pisang selain dapat diguankan sebagai hidangan makan ternyata kolak pisang dapat memuaskan dahaga ketika seharian berpuasa. Kolak pisang ini juga manis dan enak. Apalagi bila membuatnya dengan istimewa dan untuk di hidangkan pada keluarga. Kolak pisang akan semakin lezat.

Resep Aneka Kolak pisang ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menikmati kolak pisang untuk berbuka puasa. Dnengan menegtauhi baahn- bahan dan cara membuat yang sangat mudah, Anda dapat mencoba membuatnya sendiri.  Namun terkadang masyarakat masih saja  ingin membelinya di pedagang-pedangang, Dengan Anda mengetahui cara membuat kolak pisang ini, Anda tentunya tidak khawatir akan kehabisan kolak pisang bukan? Nah, simak ulasan berikut ini, sehingga Anda dapat mengetahui resep kolak pisang yang manis, enak dan lezat.

Resep kolak pisang sederhana, manis dan lezat


Resep kolak pisang

Di bawah ini ada beberapa bahan dan cara membuat kolak pisang yang bisa Anda praktikkan dirumah untuk menu buka puasa Anda. Adapun bahan dan cara membuatnya sebagai berikut:

Bahan- bahan kolak pisang

  • 6 buah pisang raja atau pisang lainnya (sesuai dengan selera Anda)
  • 500 ml santan 
  • 500 ml air
  • 2 keping gula merah
  • 2 helai daun pandan 
  • Gula pasir secukupnya
  • Garam secukupnya 
  • Dapat pula di tambahkan dengan bahan lain agar kolak semakin istimewa, seperti labu kuning dan nangka matang

Cara membuat kolak pisang 

  1. Langkah pertama membuat resep kolak pisang dengan mengupas pisang tersebut, kemudian iris menjadi 3 bagian. Cuci hingga bersih. 
  2. Masukkan air 500 ml , kemudian masukkan pisang ke dalam panci dengan api sedang. Biarkan hingga pisang matang dengan sempurna. 
  3. Setelah pisang mulai masak, masukkan gula merah, daun pandan. Rebus hingga gula merah larut dalam air, hingga berwarna coklat. 
  4. resep kolak pisang  yang selanjutnya dengan memasukkan santan dengan takaran sekitar 500 ml, kemudian didihkan menggunakan api kecil. Agar pisang yang telah matang tidak semakin matang. 
  5. Jangan lupa terus mengaduk pada saat merebus, hal ini bertujuan untuk mencegah santan tidak pecah dan tidak menggumpal
  6. Resep kolak pisang   yang terakhir yaitu Kolak pisang sudah dapat di hidangkan. Namun usahakan ketika menghidangkan dalam keadaan masih hangat atau panas, karena akan lebih nikmat ketika dimakan dalam keadaan panas. 

Nah, itulah resep kolak pisang yang dapat Anda coba dirumah. Jadi sekarang Anda tidak perlu khawatir ketika akan menikmati kolak pisang sebagai makanan saat berbuka puasa. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan kreasi yang lebih istimewa lagi. Dan Jangan lupa untuk melihat Resep Kue Kering LebaranTerimakasih dan selamat mencoba