Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Ongol-Ongol Enak Dan Manis

Resep ongol-ongol – kue ongol-ongol adalah jajanan pasar tradisional khas indonesia, dan menjadi salah satu kue basah tradisional. Kue ongol-ongol adalah kue basah yang berbentuk kecil, dan pada umumnya berbentuk bulat seperti onde-onde. Ongol-ongol memilki cita rasa khas yaitu manis dan gurih. Selain itu, ongol-ongol memiliki tekstur yang khas yaitu lembut dan kenyal. Dua hal inilah yang membuat kue ongol-ongol tetap menjadi primadona. Kue ini juga bisa di kreasikan dengan bahan lainnya seperti tepung sagu, hunkwe, serta singkong.

Kue ongol-ongol memang tetap menjadi primadona bagi sebagian orang. Namun pada kenyataanya kue ongo-ongol tergeser dengan adanya kue-kue zaman modern. Bagi sebagian orang yang menyukai Aneka kue ini pasti akan mencari di pasar. Nah, daripada Anda bingung mencari kue ongol-ongol yang sudah hampir tidak ada, lebih baik Anda membuatnya sendiri. Dengan menyimak ulasan berikut ini!

Resep Ongol-Ongol Enak Dan Manis

Resep ongol-ongol

Di bawah ini ada beberapa bahan dan cara resep ongol-ongol enak dan manis yang dapat Anda pratikkan dirumah. Adapun bahan dan caranya diantaranya:

Bahan-bahan 

  • 125 gram tepung sagu kering
  • 150 gram gula merah, iris tipis
  • 150 gram kelapa muda, kupas lalu parut
  • 2 lembar daun pandan, kemudian potong
  • 375 ml air
  • Garam secukupnya

Cara membuat 

  1. Langkah pertama resep ongol-ongol adalah dengan mencampurkan beberapa bahan yaitu tepung sagu dan air. Masukkan tepung sagu aren kering ke dalam 150 ml air, lalu aduk dengan rata hingga tercampur sempurna.
  2. Pada wadah yang berbeda, masukkan sisa air, kemudian masukkan masuk bersama dengan gula merah dan daun pandan. Biarkan hingga mendidih dan tunggu hingga gula merah hingga larut. 
  3. Angkat air rebusan, kemudian saring. Setelah mendapatkan hasil saringannya, masukkan campuran tepung dan air sebelumnya. Masukkan secara perlahan dan sedikit demi sedikit kdan aduk hingga merata. 
  4. resep ongol-ongol yang selanjutnya setelah adonan tadi teraduk sempurna, masak campuran tersebut menggunakan api sedang dan tunggu hingga mendidih dan mengental.
  5. Tanpa menunggu adonan dingin, tuangkan adonan kue ke dalam loyang kue dan ratakan, setelah itu dinginkan terlebih dahulu. 
  6. resep ongol-ongol selanjutnya setelah adonan kue ongol-ongol dingin, keluarkan kue ongol-ongol yang sudah berbentuk sempurna dari loyang. 
  7. Campurkan kue ongol-ongol pada kelapa yang sudah di parut hingga tercampur rata. 
  8. resep ongol-ongol terakhir yaitu kue ongol-ongol sudah bisa di hidangkan. 

Nah, itulah tadi resep ongol-ongol yang enak dan lezat yang bisa Anda pratikkan dirumah, sehingga Anda tidak perlu mencari dan membeli kue ongol-ongol. Dengan begitu Anda bisa membuatnya dirumah. Jangan lupa untuk melihat Resep Kue Kering Lebaran. Terimakasih dan selamat mencoba