Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Parata India Yang Sederhana

Resep Parata – Roti Parata? Mungkin bagi  sebagian orang telah mengenal masakan ini.  Apalagi para penggemar film India dan yang lainnya.  Yah, memang makanan yang satu ini merupakan salah satu makan khas  dari India. Masyarakat India terkadang mengkonsumsi roti parata ini dengan kuah kari,

Anda bisa mencobanya. Namun, jika lidah Anda tidak memungkinkan bisa mengkonsumsi roti parata ini sebagai pengganti roti  tawar pada pagi hari untuk sarapan. Jadi Anda bisa mengolesinya dengan berbagai selai,  bisa stoberi, nanas dan coklat. Bagaimana  Anda  penasaran ingin mencoba Aneka Camilan roti parata membuatnya dan merasakan makanan yang satu ini? Jika begitu yuk  ikuti resep parata yang lezat dan enak satu ini.

Resep Parata India Yang Sederhana

Resep Parata

Berikut ini merupakan beberapa bahan dan cara membuat resep parata yang dapat Anda simak ulasannya di bawah ini! Berikut cara membuat resep parata india:

Bahan Untuk Resep Parata

Nah, berikut ini bahan yang akan digunakan untuk membuat parata dari India yang lezat. Adapun bahan-bahannya yaitu:
  • 500 gram tepung terigu
  • 150 ml susu yang cair
  • 40 gram mentega
  • 1 sendok teh gula
  • 1 sendok teh garam 

Cara Pembuatan Untuk Resep Parat

Tahap Pertama:

Dalam tahap pertama pembuatan resep parata yang enak satu ini, Anda bisa menyimak langkahnya sebagai berikut ini:
  1. Langkah pertama yaitu membuat adonan untuk resep parata, siapkan  sebuah baskom maupun mangkok sebagai tempat membuat adonannya.
  2. Langkah selanjutnya  ada bisa mencampurkan tepung terigu, gula dan garam yang sudah diberi takaran sebelumnya. Dan jika sudah aduklah hingga rata.
  3. Kemudian jika sudah teraduk rata Anda dapat menambahkan susu cair  tadi sedikit demi sedikit. Jangan lupa sambil mengaduk terus adonannya. Aduklah hingga adonannya kalis
  4. Setelah itu adonan yang kalis tadi bisa Anda bentuk bulat. Diamkan selama beberapa menit kurang lebih selama 20 menit agar adonan mengambang. 

Tahap kedua :

  1. Langkah yang pertama setelah adonannya mengembang, Anda bisa membagi menjadi beberapa bagian. Jika perlu gunakan  timbangan khusus dengan minimal berat masing-masing adonan 50 gram. Setelah itu kembali membentuk adonan menjadi bulat.
  2. Kemudian ambillah adonan tadi yang sudah dibentuk menjadi bulat. Lumurilah dengan tepung terigu diatas adonan maupun di bawahnya. Lalu pipihkan menggunakan alat batu roll agar adonan benar-benar pipihnya merata.
  3. Sambil  terus mengeroll, Anda bisa memanaskan teplon yang telah diolesi mentega sebelumnya.
  4. Nah, setelah dirasa teplon panas, Anda  bisa memanggang adonan parata tadi yang sudah dipipihkan menjadi bundar. Masak hingga warna menjadi kuning keemasan. Lalu angkatlah jika benar-benar telah matang.
  5. Langkah yang terakhir, Anda dapat menyajikannya dengan hidangan lain di meja.


Itulah resep parata yang bisa Anda coba di rumah untuk makanan setiap harinya. Bagaimana sangat mudah bukan? Karena resep kami ini memang dibuat sangat mudah dan lebih sederhana, untuk rasanya pasti benar-benar lezat.  Yuk buat hidangan yang satu ini. Dan jangan lupa untuk melihat Resep Kue Kering lebaran. Selamat mencoba!!