Resep Wajik ketan Spesial Buatan Bunda

Resep Wajik Ketan – Camilan yang satu ini merupakan camilan nikmat tradisional yang hingga kini masih populer di tengah-tengah camilan keren lainnya. Menu ini biasanya ada saat mengadakan tasyakuran maupun sebagai hidangan dalam acara besar dan merupakan camilan atau kue manis yang dapat menggugah siapa saja saat menyantapnya.

Dari berbagai macam kreasi yang dipadukan pada resep wajik ketan ini dengan berinovasi agar Aneka kue ini tetap menjadi populer meskipun sudah berbagai macam kue-kue jaman sekarang yang ingin menggusur kelezatan dari wajik ketan ini. Namun tenang saja karena kami akan membantu Anda dalam berkreasi bersama kue wajik ketan ini.

Resep Wajik Ketan

Resep Wajik Ketan

Di bawah ini terdapat beberapa bahan dan cara dalam membuat resep wajik ketan yang harus Anda coba dengan menyimak ulasannya berikut ini!

Bahan Membuat Resep Wajik Ketan

  • 1 kg ketan putih 
  • 650 ml santan kelapa kental
  • 1 liter air panas
  • 3 lembar daun pandan
  • 1 kg gula merah (disisir halus)
  • 3 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok teh garam halus

Cara Membuat Resep Wajik Ketan

  1. Saat akan membuat resep wajik ketan kita harus menyiapkan segala bahan-bahan yang diperlukan atau bahan-bahan yang sudah dianjurkan di atas agar saat membuat resep ini Anda tidak ribet dan cepat menyelesaikannya.
  2. Langkah yang kedua, kita cuci beras ketan yang telah direndam terlebih dahulu selama 6 jam lamanya dengan air mengalir hingga benar-benar bersih dan kesat.
  3. Langkah yang ketiga, kita dapat kukus beras ketan selama 25 hingga 30 menit sampai beras ketan mekar. Sesekali siram dengan air panas agar mekar dengan sempurna dan rata.
  4. Langkah yang keempat, rebus santan kental dan gula merah yang telah disisir sebelumnya, dan masukkan pula daun pandan. Aduk terus hingga mendidih dan gula merah benar-benar larut.
  5. Langkah yang kelima, masukkan ketan yang telah dikukus ke dalam rebusan gula merah dan daun pandan lalu tambahkan juga garam. Aduk terus lalu diamkan sampai meletup-letup dan aduk-aduk sampai kental.
  6. Langkah yang keenam, aduk terus wajik ketan hingga dapat dibentuk dengan tangan dan dirasa tidak lengket. Setelah itu, tuang wajik ketan ke dalam Loyang kotak yang sudah diolesi dengan minyak sebelumnya agar tidak lengket.
  7. Langkah yang terakir, tunggu hingga wajik ketan benar-benar dingin agar mudah dipotong. Setelah dirasa dingin, maka wajik ketan dapat dipotong-potong sesuai selera.

Cara Menghidangkan

Sajikan wajik ketan dalam bentuk-bentuk yang beragam agar tambah menarik perhatian saat menikmatinya. Hiasi piring dengan daun pandan saat menyajikan wajik ketan.

Wah, sungguh manis bukan resep wajik ketan andalan kami ini? Dengan menjadikannya sebagai hidangan spesial saat Anda mempunyai acara akan menambah moment seru di dalamnya. Jangan lupa untuk melihat Resep Kue Kering Lebaran. Terimakasih dan selamat mencoba :)

Subscribe to receive free email updates: