Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Kue Bika Ambon Yang Praktis

Resep Kue Bika Ambon – Kue merupakan hal utama yang ada pada sekitar kita, seperti ciri khas sendiri saat menyantap kue ini tersebut. Kue juga sebagai suguhan utama yang harus ada saat ada acara besar maupun acara kumpul bersama keluarga di rumah. Dengan menyajikan kue maka suasana akan terasa lengkap dan menyenangkan.

Namun ada satu hal Aneka kue yang enak dan wajib Anda suguhkan kepada keluarga, iya kue bika ambon ini tentunya terkenal dan sudah popuer dari dulu bukan? Dengan resep kue bika ambon ini maka suasana berkumpul Anda makin lengkap.

Resep Kue Bika Ambon

Resep Kue Bika Ambon

Terdapat beebrpaa bahan dan cara dalam mengolah resep kue bika ambon yang wajib Anda cicipi dengan menyimak ulasan singkatnya di bawah ini!

Bahan Membuat Resep Kue Bika Ambon

  • 100 gram tepung kanji atau tapioka
  • 100 gram gula pasir
  • 50 gram tepung terigu
  • 1 sendok makan margarin (cairkan)
  • 2 butir telur (kocok lepas)
  • 200 ml santan kara

Bahan Biang

  • 50 ml air hangat
  • 1 sendok teh gula pasir
  • ½ sachet Fermipan
  • Pasta pandan (secukupnya, untuk yang rasa pandan)
  • Kunyit bubuk (secukupnya, untuk yang kuning original)

Cara Membuat Resep Kue Bika Ambon

  1. Dalam membuat resep kue bika ambon yang satu ini, langkah pertamanya jkita harus mneyiapkan beberapa bahan yang telah dianjurkan di atas dengan lengkap agar saat Anda memasaknya tidak ribet dan mudah selesai.
  2. Langkah yang kedua, kita campur semua bahan biang dengan mengaduknya secara rata dan diamkan sampai berbuih selama 10 menit. Kalau tidak berbuih artinya raginya mtai dan itu harus menggantinya dengan baru.
  3. Langkah yang ketiga, kita campur terigu, tepung kanji, adonan biang, gula pasir dan tuang santan agak kental (jangan tuang semua) sambil diaduk hingga gula licin lalu tambahkan telur dan sisa santan tadi. Terus aduk rata dan diamkan selama 1 jam.
  4. Langkah yang keempat, kita aduk rata adonan dan bagi menjadi dua, yang adonan satu diberi pasta pandan dan yang satunya diberi bubuk kunyit. Masukan margarin dan aduk rata lagi.
  5. Langkah yang kelima, kita panaskan cetakan kue lumpur, olesi tipis-tipis cetakan dengan margarin atau minyak. Bawah cetakan alasi Loyang atau saringan kukusan biar tidak cepat hangus kalau pakai Teflon pun sama.
  6. Langkah yang terakhir, isi sekitar ¾ dari cetakan lalu tunggu sampai lubang dan atasnya agak kering lalu tutup. Biarkan matang sempurna. Angkat.

Cara Menghidangkan

Sajikan ketika masih panas dan tata di atas piring, taburi dengan susu kental manis coklat lebih lezat

Oke, itulah beberapa bahan dan cara dalam resep kue bika ambon yang wajib Anda jadikan sebagai kue andalan dan kue favorit keluarga. Jangan lupa untuk melihat Resep Kue Kering Lebaran. Terimakasih dan selamat mencoba :)