Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Bolu Ketan Hitam Kukus Sederhana

Resep Bolu Ketan Hitam Spesial Asli Enak dan Nikmat, Camilan Yang Wajib Dihidangkan Untuk Anak Tercinta. Kita pasti sering melihat makanan yang berwarna hitam ini dengan penampilan yang lengket, apa itu...? Anda pasti sudah bisa menebaknya, yup ketan hitam namanya. Makanan ini sering disajikan dengan taburan kelapa dan gula bubuk yang disandingkan dengan cenil dan klepon. Tidak sedikit orang yang menyukai hidangan berbahan beras ketan ini.

Gambar Resep Bolu Ketan Hitam Beneran Lembut

Banyak juga yang menyajikannya dalam bentuk bungkusan kecil-kecil dalam acara penting seperti pengajian, arisan atau rapat kerja. Bahan ini juga dibuat dalam bentuk tepung yang mana digunakan sebagai bahan pembuatan cake/bolu. Nah salah satu resep yang memakai bahan ini adalah bolu ketan hitam kukus. Pastinya sebagian dari anda pernah menjumpainya baik di jajanan pasar atau toko kue.

Bolu ini memang terlihat sederhana jika tanpa ada tambahan hiasan. Meskipun tanpa topping sekalipun, rasa dari sajian lembut ini tetap legit. Kue ini jika dihiasi dengan krim, taburan irisan coklat padat dan potongan buah bisa menjadi hadiah ulang tahun bagi anak, dijamin mereka akan suka.

Jika anda tertarik untuk membuatnya, tidak perlu menunggu hari spesial. Hari biasa juga bisa menyajikan bolu ini karena memang bikinnya sangat mudah. Jika anda pemulapun yang belum pernah membuat kue tetap bisa membuat bolu ketan hitam ini. Untuk awalan meniru saja dulu resepnya disini. Kalau sudah beberapa kali membuat bisa langsung dimodifikasi sesuai keinginan.

RESEP BOLU KETAN HITAM TANPA PANGGANGAN

BAHAN :
  • 125 gram tepung ketan hitam, ayak agar tidak ada gumpalan
  • 100 mililiter minyak sayur
  • 100 gram gula pasir
  • 3 butir telur ayam
  • 1 sendok makan susu kental manis putih
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh vanili bubuk
  • 1/2 sendok teh TBM (pelembut kue)
CARA MEMBUAT KUE BOLU KUKUS KETAN HITAM :
  1. Kocok telur dengan mixer speed tinggi bersama gula pasir dan pelembut kue sampai mengembang dan berubah warna jadi putih.
  2. Tambahkan vanili bubuk, garam dan susu kental sambil terus dikocok sampai bahan menyatu.
  3. Setelah itu, turunkan speed mixer jadi rendah lalu masukkan tepung ketan dan aduk kembali hingga merata.
  4. Selanjutnya, masukkan minyak sayur kedalam adonan dan aduk dengan sendok kayu hingga tercampur semua.
  5. Tuang kedalam cetakan sesuai selera yang sudah diolesi mentega dan kukus selama 30 menit dengan api sedang.
  6. Jika sudah matang, bolu dikeluarkan dari loyang dan potong-potong dengan bentuk bebas.