Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Bulgogi Sederhana Khas Korea

Resep Bulgogi Sajian Sedap Sederhana Asli Mudah Bikinnya Plus Enak Banget Rasanya, Jangan Ngaku Fans Korean Style Kalau Belum Nyobain Ini. Bulgogi merupakan sajian khas Koreas yang cukup terkenal di Asia terutama Indonesia. Jika anda mampie ke Korean Food Resto pasti akan menemukan menu ini dalam daftar makanan yang dihidangkan. Pada umumnya disandingkan dengan nasi putih pulen hangat serta minumannya adalah es teh manis.

Gambar Resep Bulgogi Korea Sederhana Halal

Masakan bulgogi sendiri memakai bahan daging sapi yang diiris tipis-tipis lalu direndam dengan bumbu khusus. Untuk waktu rendaman juga bervariasi, ada yang beberapa jam, sehari atau sesuai keinginan pembuatnya. Sebagian orang menganggap semakin lama semakin meresap bumbunya sehingga semakin lezat dilidah.

Proses pematangan lebih identik dengan cara dipanggang diatas wajan datar. Menu santap ini memang lebih nikmat dimakan saat cuaca dingin dalam kondisi panas. Di beberapa resto Korea juga menghidangkannya bersama dengan kimchi, saus dan sayuran sebagai pelengkap.

Kepopuleran makanan khas ini makin diakui dunia internasional seiring waktu. Saking terkenalnya, banyak chef yang memodifikasi sedemikian rupa agar lebih menggugah selera. Bulgogi juga enak disantap bersama roti dengan model seperti hamburger. Intinya dinikmati dalam variasi apapun, original tetap yang lezat.

Nahh disini kami ulas resep bulgogi asli tanpa modifikasi, untuk varian juga kami akan ulas dilain waktu jika ada kesempatan. Bagi anda penggemar makanan Korea wajib untuk mencoba menu ini. Tidak hanya itu saja, sajian ini juga cocok untuk para pecinta kuliner daging seperti steak daging. Tertarik untuk coba masak..? Langsung saja praktekin resepnya berikut ini.

RESEP BULGOGI HALAL

BAHAN DASAR :
  • 350 gram daging sapi sirloin, iris tipis
BUMBU RENDAMAN :
  • 3 siung bawang putih, cincang halus
  • 3 sendok makan air
  • 2 sendok makan kecap asin
  • 2 sendok makan kecap manis
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok teh lada hitam
  • 1 sendok makan wijen sangrai/panggang
  • 1 batang daun bawang, rajang halus
  • 1 sendok makan madu
  • 1/2 sendok makan minyak wijen (resep asli 1 sendok makan)
  • 1/2 sendok teh kaldu bubuk (optional)
CARA MEMBUAT BULGOGI :
  1. Pertama, agar mudah mengiris setipis mungkin, simpan daging dalam freezer dulu sampai setengah beku. Baru setelah itu iris daging dengan pisau tajam.
  2. Selanjutnya, siapkan wadah dan masukkan semua bahan rendaman, aduk sampai larut dan tercampur merata. Lalu masukkan irisan daging sapi.
  3. Aduk dengan dibolak-balik agar terlumuri sempurna lalu tutup dengan plastik sampai rapat. Biarkan selama 2-3 jam di dalam lemari pendingin.
  4. Panaskan wajin datar anti lengket atau hot plate, boleh diberi sedikit olesan mentega. Tuang semua rendaman beserta dagingnya ke dalam pemanggangan.
  5. Panggang dengan dibolak balik agar matang sempurna dan tekstur menjadi empuk. Jika sudah, sajikan dengan taburan wijen dan daun bawang.