Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Es Potong Sederhana, Walau Jadul Tapi Rasa Tetap OK

Resep Es Potong Tradisional Asli Lembut dan Nyess Di Mulut, Yuk Bernostalgia Sama Es Ini. Es potong merupakan makanan dingin tradisional yang sering dijajakan di tempat anak-anak berkumpul seperti TK atau SD. Biasanya dijual oleh abang-abang keliling dengan harga yang relatif murah, berkisar 500-1000 rupiah. Es potong ini seringnya disajikan dengan cara dicelupkan didalam lelehan coklat lalu diberi taburan meses warna warni.

Gambar Resep Es Potong Rasa Tradisional

Es beku yang manis ini sangat populer diera 90-an. Namun saat ini mulai jarang menemukan pedagang yang menjajakannya. Padahal jika ditelisik lebih jauh, jajanan ini tidak memakai bahan pengawet, pemanis atau bahkan bahan kimia. Yang pasti sangat aman untuk dikonsumsi. Tekstur yang dihasilkan saat digigit pertama kali pasti agak keras diluar namun lembut didalam.

Sebenarnya varian rasa dari es potong cukup banyak, ada yang bercitarasa kacang hijau, ketan hitam, kacang merah, strawberry dan coklat. Bahan untuk membuatnya juga hampir mirip dengan es lilin, hanya saja ada penambahan tepung maizena disini. Jika anda saat ini ingin mengenang masa kecil yang bahagia, tidak ada salahnya menikmati es potong ini lagi. Namun jika ternyata sulit untuk menemui pedagang yang menjualnya, bisa bikin sendiri dirumah. Tidak sulit untuk membuatnya, bahan bisa dicari dipasar. Untuk resep detail, bisa langsung baca disini.

RESEP ES POTONG FAVORIT MASA KECIL

BAHAN :
  • 800 mililiter santan kelapa
  • 200 gram coklat batangan, lelehkan
  • 50 gram gula pasir
  • 4 sendok makan tepung maizena
  • 4 sendok makan susu kental manis
  • 2 sendok makan susu bubuk
  • 1 lembar daun pandan
  • seujung sendok teh garam
  • vanili bubuk secukupnya
CARA MEMBUAT ES POTONG :
  1. Campur susu bubuk dengan santan, gula pasir, tepung maizena dan garam. Aduk sampai tercampur semua.
  2. Tambahkan susu kental manis, vanili beserta daun pandan. Aduk kembali hingga merata.
  3. Masak adonan di wajan anti lengket dengan api sedang sampai mendidih dan mengental. Jika sudah, matikan api lalu dinginkan.
  4. Setelah itu, adonan dikocok dengan mixer selama 10 menit. Simpan didalam freezer selama kurang lebih 2 jam.
  5. Setelah itu, keluarkan adonan dan mixer kembali selama 10 menit. Kemudian tuang ke plastik berbentuk es lilin.
  6. Bekukan lagi didalam freezer seharian. Terakhir, keluarkan dan potong sesuai selera. Tidak lupa tusuk ditengahnya dengan stick es.
  7. Celup kedalam lelehan coklat sampai terlumuri total. Es potong siap dinikmati.