Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Kue Kembang Goyang Gurih Garing

Resep Kue Kembang Goyang Sajian Sedap Sederhana Citarasa Manis dan Asin Khas Betawi, Camilan Kriuk Ini Bikin Suasana Rumah Makin Meriah. Kue renyah kembang goyang yang satu ini sudah mulai jarang kita temui karena orang-orang Betawi yang pertama kali membuatnya mulai berkurang populasinya. Dulu sajian garing ini sering dijadikan suguhan ringan utama untuk tamu yang berdatangan ke rumah saat Lebaran Idul Fitri. Akhir-akhir ini kehadirannya mulai menurun seiring munculnya berbagai jenis kue modern.

Gambar Resep Kue Kembang Goyang Dengan Te[ung Terigu Asli Enak

Sebagian orang memodifikasi kembang goyang dalam berbagai varian rasa dan warna pada penampilan agar lebih menarik dan menggugah selera sehingga kue tradisional ini akan terus eksis. Yang unik dari camilan renyah ini adalah bentuknya yang mirip dengan kelopak bunga/kembang. Kata "goyang sendiri" diambil dari langkah pembuatannya yang mana adonan terus digoyang-goyang agar terlepas dari cetakan.

Di beberapa daerah tertentu penyebutan nama berbeda-beda, seperti di Sumatera terkenal dengan nama kue loyang sedangkan di Bandung dikenal dengan nama kue Seroja. Snack ringan ini memiliki tiga rasa utama yaitu manis, asin dan pedas. Di resep kali ini kami kami membagikan pecampuran asin dan manis sehingga hasil yang dipadat setelah menyantapnya adalah renyah, gurih dan enak.

Cara membuatnya sangatlah simple yaitu dengan digoreng hingga kriuk dan tidak seperti jenis kue kering lain yang mana dibuat dengan cara dipanggang. Bagi anda yang gemar membuat kue kering, jangan lupa untuk mencoba bikin kembang goyang juga. Dijamin anda suka setelah mencicipinya. Untuk resep lengkapnya sudah kami sediakan disini. Silahkan dipraktekkan, biar ga lupa dicatat juga ya...

RESEP KUE KEMBANG GOYANG ASLI ENAK

BAHAN :
  • 600 gram tepung beras
  • 400 gram gula halus
  • 400 mililiter santan kental sedang
  • 100 gram wijen
  • 8 sendok makan gula pasir
  • 4 butir telur
  • 2 sendok teh ekstrak vanila
  • 2 sendok teh kapur sirih + 400 mililiter air (dicampur dan saring)
  • 1 sendok teh garam
CARA MEMBUAT KUE KEMBANG GOYANG :
  1. Kocok telur bersama dengan gula halus, gula pasir dan garam sampai tercampur rata.
  2. Setelah itu, tuang larutan kapur sirih dan santan kedalam adonan telur. Aduk sampai merata.
  3. Kemudian masukkan tepung secara perlahan sambil diaduk terus hingga tidak ada yang menggumpal.
  4. Tambahkan ekstrak vanila dan wijen, aduk sekali lagi hingga semua bahan menyatu.
  5. Panaskan minyak agak banyak dan siapkan cetakan khusus kembang goyang (bisa dicari dipasar).
  6. Goreng adonan menggunakan cetakan sampai matang kuning kecoklatan (goyang-goyang agar adonan mudah lepas dari cetakan).
  7. Terakhir, tiriskan dari minyak dan simpan dalam toples untuk dinikmati kapan saja.