Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Timlo Solo Komplit, Sekali Cicip Pasti Lidahmu Kangen

Resep Timlo Solo Sederhana Dengan Kuah Bening Sempurna Gurihnya, Sajian Sedap Yang Bikin Kamu Kangen Untuk Menyantapnya Lagi. Jika berkunjung ke Solo atau Surakarta tidak lengkap rasanya kalau tak mencicipi kuliner-kuliner khasnya. Kota ini memang kaya akan budaya dan sajian kuliner yang membuat banyak orang luar penasaran ingin tahu citarasanya. Banyak hidangan yang bisa dicoba, mulai dari selat solo, gudeng ceker, soto gading, srabi notosuman dan sate kere. Nah ada satu lagi yang tidak kalah enaknya dan ini selalu dicari-cari orang yaitu timlo solo.

Gambar Resep Timlo Solo Khas Banget Rasanya

Salah satu warung makan yang terkenal yang orang pasti mampir adalah Timlo Sastro. Memang bisa dikatakan warung inilah yang menjadi cikal bakal populer masakan timlo. Tak heran jika tempat makan ini sudah banyak diberitakan baik melalui media cetak ataupun elektronik. Semangkuk timlo disini sudah cukup mengenyangkan perut.

Hidangan ini memiliki kuah bening yang gurih serta lengkap dengan isian yang padat. Isian terdiri dari soun/bihun, sosis goreng, rempelo ati, kentang goreng dan telur rebus sehingga puas sekali makan satu porsi. Jika mensruput kuahnya terlintas pikiran seperti soto. Memang bisa dibilang rasa kuah hampir sama dengan soto bening, namun bedanya pada isinya. Penyajian juga cukup berbeda yaitu timlo disajikan terpisah dengan nasi putih.

Nahh bagi anda yang pernah berkunjung ke Solo dan kangen akan makanan ini lagi, kami sarankan untuk mencoba bikin sendiri dirumah. Menu juga cocok untuk anda disana yang memang belum pernah menikmati makanan segar ini. Jadi untuk menikmatinya ga perlu jauh jauh datang ke sana. Masaknya ga ribet kok, resep sudah kami bagikan secara detail disini. Untuk bahan pelengkap sendiri jika ribet bikinnya, bisa langsung beli yang siap saji.

RESEP TIMLO KHAS KOTA SOLO

BAHAN UTAMA :
  • 3 buah cengkih
  • 2 ruas jari jahe
  • 2 siung bawang putih, cincang
  • 2 buah ceker ayam untuk kaldu
  • 1/2 buah bawang bombay, iris tipis
  • merica bubuk, garam dan kaldu instan sesuai selera
BAHAN PELENGKAP (SEBAGIAN BAHAN ADA DI LANGKAH PEMBUATAN) :
  • 4 pasang ati ampela ayam
  • 4 gulung sosis solo goreng
  • 4 butir telur rebus coklat
  • 3 buah wortel rebus, potong-potong
  • 3 buah kentang,kupas kulit, iris tipis lalu goreng kering
  • 1 bungkus soun, seduh air panas
  • bawang merah goreng secukupnya
  • sambal kecap masak secukupnya
  • jeruk nipis secukupnya
CARA MEMBUAT TIMLO SOLO :
  1. Kuah kaldu, rebus ceker dengan 1 liter air. sembari menunggu, tumis bawang putih dan bombay sampai harum. Lalu masukkan tumisan ke kuah. Tambahkan kaldu bubuk, merica, garam dan cengkih. Aduk dan cek rasa.
  2. Sosis solo, jadi ini buat cuma kulit tanpa isi. Campur 100 gram terigu dengan 1 telur, 2 mililiter air, merica dan garam. Siapkan wajan anti lengket dan oles sedikit margarin. Tuang adonan dan buat dadar tipis. Jika sudah, gulung lalu goreng sampai matang, potong sesuai selera.
  3. Ati ampela, rebus ampela ayam bersama dengan air secukupnya, 2 lembar daun jeruk, bawang putih geprek, jahe geprek serta garam sedikit saja. Masak sampa matang, angkat, tirikan dan potong-potong sesuai keinginan.
  4. Telur coklat, rebus telur sampai matang lalu kupas, sisihkan dulu. Setelah itu, tumis 1 bawang putih bersama dengan 2 bawang merah, 3 sendok makan kecap manis, merica bubuk, garam serta air secukupnya. Masukkan telur rebus dan masak dengan dibolak balik sampai kuah menyusut dan telur terbalur bumbu sempurna.
  5. Penyajian, susun semua bahan pelengkap dengan rapi kemudian siram dengan kuah kaldu saat masih panas. Taburi bawang goreng dan irisan daun seledri diatasnya. Sajikan bersama dengan nasi putih dan sambal kecap.