Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Cucur Spesial Rumahan

Resep Cucur Spesial Rumahan – Kue tradisional ini memang tidak akan sirna oleh jaman modern, pasalnya semua orang suka dengan kue yang satu ini. Dari yang tua bahkan anak-anak menyukai kue manis ini, terkadang kue ini hanya ada saat dilaksanakannya acara besar atau ada hajatan. Namun, sekarang banyak outlet-outlet jajanan tradisional yang menyediakan kue legenda ini.

Dan kini, Anda tidak perlu khawatir jika rindu dengan rasa khas yang ada dalam kue cucur ini, maka kami akan siap membantu Anda untuk berkreasi dengan membuat Aneka Jajanan spesial yang siap untuk Anda sajikan kepada keluarga di rumah dengan melihat resep cucur spesial satu ini bunda.

Resep Cucur Spesial


Resep Cucur Spesial Rumahan

Jika ingin membuatnya, ada beberapa bahan dan juga cara dalam membuat resep cucur spesial yang wajib Anda coba di rumah dengan menyimak penjelasan singkatnya yang telah kami rangkum khusus untuk Anda di bawah ini!

Bahan Membuat Resep Cucur Spesial


  • 150 gram tepung beras 
  • 100 gram tepung terigu
  • 150 gram gula pasir
  • 1 bungkus santan kara atau setara dengan 60 ml
  • 230 ml air
  • ½ sendok teh garam
  • Daun pandan + pasta pandan (secukupnya)
  • Minyak goreng untuk menggoreng (secukupnya)


Cara Membuat Resep Cucur Spesial


  1. Langkah pertama dalam membuat resep cucur spesial ini yaitu kita harus siap dan menyiapkan beberapa bahan yang telah disarankan. Siapakan bahan dengan bahan yang lengkap agar Anda membuatnya bisa nyaman.
  2. Dan langkah yang kedua, mari kita rebus air + gula pasir dan daun pandan terlebih dahulu. Rebus hingga mendidih, dan setelah mendidih langsung matikan api dan diamkan sampai agak dingin.
  3. Langkah yang ketiga, kia campurkan tepung beras, tepung terigu, dan garam. Lalu aduk hingga rata. Stelah itu, masukkan air rebusan gula sedikit demi sedikit hingga air rebusan gula sedikit demi sedikit hingga air habis. Masukkan santan kara dan juga pasta pandan lalu aduk sampai tercampur rata.
  4. Langkah yang keempat, kita dapat masukkan satu sendok sayur adonan ke dalam penggorengan cekung yang berisi minyak tidak terlalu banyak. Pastikan nyala apinya kecil dan angkat sedikit sisi-sisi pinggirnya dengan menggunakan spatula agar matangnya merata dengan sempurna dan terlihat menyarang.
  5. Dan untuk langkah yang terakhir, setelah matang, angkat dan sajikan. Ingat jangan lama-lama dalam mengorengnya karena nanti bisa keras kue cucurnya.


Cara Menghidangkan

Sajikan saat masih hangat di atas piring ceper dengan diberi potongan pandan dipinggirnya sebagai hiasan dan cocok disandingkan dengan secangkir teh sebagai pelengkap.

Nah, itulah resep cucur spesial andalan kami yang dijamin kelezatannya. Untuk itu jangan ragu dalam menghidangkan menu yang satu ini ya ladies, terimakasih dan selamat mencoba bunda :). Dan jangan lupa lihat juga resep kue kering lebaran ya bunda :D