Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Kering Tempe Renyah Dan Enak

Resep Kering Tempe – tempe sudah menjadi bagian tersendiri bagi masyarakat pada umumnya. Bukan jadi rahasia umum lagi, kalau tempe bisa di kreasikan menjadi sajian yang lezat. Salah satunya dengan kreasi resep kering tempe yang renyah dan enak. Tempe biasanya digunakan sebagai pelengkap lauk pauk. Namun dengan resep ini, Anda bisa mengkreasikan tempe menjadi sajian yang istimewa.

Bagi Anda yang ingin mencoba resep Aneka Tempe menjadi hidangan yang lebih enak dan istimewa. Serta mejadi makanan  yang akan di hidangka untuk makan bersama keluarga. Ada beberapa bahan dan cara membuat resep kering tempe renyah dan enak yang dapat Anda praktikkan dengan menyimak ulasan berikut ini!

Resep kering tempe renyah 

Resep Kering Tempe

Ada beberapa bahan dan cara membuat kering tempe yang dapat Anda praktikkan diruah. Adapun bahan dan cara membuatnya. Adapun caranya diantaranya:


Bahan membuat resep kering tempe 

  • 2-3 papan tempe, di iris tipis atau tebal (sesuai dengan keinginan Anda)
  • 4 cabe merah, dengan membuang bijinya dan iris tipis-tipis
  • 10 butir bawang merah
  • 5 siung bawang putih 
  • 5 cabe merah untuk di haluskan 
  • 1 ruas lengkuas kemudian memarkan
  • 2 lembar daun salam 
  • 5 sdm gula pasir  (sesuai dengan keinginan Anda)
  • 1 sdt garam 
  • 100 ml air 
  • Minyak goreng 

Cara membuat resep kering tempe 

  1. Langkah pertama membuat resep tempe kering dengan menghaluskan bumbu yang akan di gunakan yaitu dengan menghaluskan 10 butir bawang merah, 5 siung bawang putih, 5 cabe merah. 
  2. Panaskan minyak goreng dengan api sedang,  kemudian goreng tempe hingga matang dan kering. Angkat dan sisihkan. Menggunakan api sedang bertujuan agar tempe tidak akan gosong.
  3. Panaskan minyak sekitar 2 sdm, tumis bumbu yang telah di haluskan tadi dengan menambahkan lengkuas serta daun salam. 
  4. resep tempe kering yang selanjutnya dengan menuangkan air, kemudian tambahkan dengan garam dan gula pasir. Tes rasa sesuai dengan selera Anda . 
  5. Masak bumbu tersebut hingga bumbu menyusut dan mengental. Tambahkan minyak goreng 1-2 sdm. Aduk dengan rata dan matikan api terlebih dahulu. 
  6. Masukkan irisan tempe yang telah di goreng. Campurkan dengan bumbu yang telah mengental, hingga tempe benar-benar tertutup dengan rata. Kemudain masukkan irisan cabe merah agar hidangan tempe semakin istimewa. 
  7. resep tempe kering  yang selanjutnya dengan mengangkat tempe yang telah matang dan biarkan dingin terlbih dahulu kemudian masukkan ke dalam wadah kedap udara sehingga tempe kering yang renyah dan enak selalu terjaga kerenyahannya. 

Nah itulah tadi, resep kering tempe renyah dan enak yang bisa Anda praktikkan dirumah Bunda. Caranya juga mudah kan? Tidak ada salahnya untuk segera mencoba. Dan Jangan lupa untuk melihat Resep Kue Kering LebaranSelamat mencoba dan semoga berhasil :)