Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Kimchi Yang Nikmat, Mau Coba?

Resep Kimchi – Bagi pecinta korea pastinya tahu akan menu yang satu ini bukan? Ya, kimchi merupakan makanan yang lezat dan sedang digandrungi para remaja saat ini. Pasalnya rasa yang ada pada menu ini sungguh unik dan lezat pastiya. Namun dari sebagian orang yang menyukai menu ini ada yang suka karena penasaran menu tersebut dari korea.

Nah, bagi Anda yang penasaran dengan rasa Aneka Sayuran yang terdapat pada kimchi maka tidak ada salahnya mencoba sendiri di rumah dan mengkreasikan resep kimchi untuk dihidangkan dan disantap bersama keluarga tercinta. Jadi jangan ragu dalam memasaknya ya ladies.

Resep Kimchi

Resep Kimchi

Terdapat beberapa bahan dan cara dalam membuat resep kimchi yang sangat populer ini dengan menyimak ulasan singkatnya di bawah ini!


Bahan Membuat Resep Kimchi

  • 1 buah sawi putih ukuran besar
  • Garam kasar (Secukupnya)

Bahan Pasta

  • 30 gram tepung beras
  • 350 ml air
  • 70 gram gula pasir
  • 100 gram gochugaru atau 35 gram cabai bubuk lokal
  • 120 ml kecap ikan
  • 4 sendok makan gula merah (sisir)
  • 30 gram bawang putih yang sudah dihaluskan
  • ½ buah bawang Bombay (cincang)
  • ½ sendok makan jahe parut

Cara Membuat Resep Kimchi

  1. Langkah pertama dalam resep kimchi ini, kita olah sawi dengan potong sawi menjadi 4 bagian panjang buang bonggolnya. Cuci bersoh dan tiriskan. Siapkan air di ember sampai sawi cukup tenggelam, masukkan sekitar 2 genggam garam kasar dan rendam sawi dengan air garam (jangan keasinan)
  2. Langkah yang kedua, kita diamkan selama 4 jam lalu cuci bersih setiap helai sawi untuk mengurangi kadar garam dalam sawi. Jika mencucinya kurang bersih nanti kimchinya asin.
  3. Langkah yang ketiga, kita buat pastanya dengan memanaskan tepung beras dan air dengan api kecil, aduk hingga kental. Setelah letupan pertama langsung matikan api. Masukkan gula, cabai bubuk, kecap ikan, bawang putih, jahe, gula merah dan bawang Bombay.
  4. Langkah yang keempat, masukkan pasta ke dalam wadah yang agak besar dan lumuri tiap helai sawi dengan rata, pakai sarung tangan plastik agar lebih higienis. Masukkan sawi yang sudah dilumuri ke dalam toples lalu tutup toplesnya dan jangan terlalu penuh saat mengisinya karena selama fermentasi akan mengeluarkan air.
  5. Langkah yang kelima, fermentasi dilakukan ditempat sejuk selama 3 hari sesuai dengan tingkat keasaman, semakin lama maka semakin asam. Kalau suah dirasa fermentasi cukup, pindahkan kimchi dalam kulkas sehingga fermentasinya berhenti.

Cara Menghidangkan

Sajikan dengan nasi putih hangat sebagai pelengkapnya.

Lezatnya, bagi Anda yang penasaran untuk segera mencoba dan berkreasi dengan resep kimchi andalan kami ini. Rasa yang khas negeri korea ini mampu membuat Anda dimanjakan lidahnya. Jangan lupa untuk melihat Resep Kue Kering Lebaran. Terimakasih dan selamat mencoba :)