Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Kue Apem Yang Lembut Dan Lezat

Resep Kue Apem – Kue ini masih populer di jaman sekarang ini, karena rasa yang dihadirkan pada kue ini memang menjadi ciri khasnya tersendiri. Sekarang kue ini bisa dibentuk dengan beragam varian dan juga rasa yang dapat dipadukan hingga membuat kue ape mini menjadi lebih menarik dan dikenal lagi.

Jika Anda ingin menikmati Aneka Kue ini dengan keluarga sebagai teman minum teh maka tidak ada salahnya jika Anda melihat resep kue apem andalan kami ini. Dengan rasa dan juga bentuk yang dapat Anda kreasikan sendiri.

Resep Kue Apem

Resep Kue Apem

Terdapat beberapa bahan serta cara dalam membuat resep kue apem yang bisa Anda coba dengan menyimak penjelasan singkatnya di bawah ini!

Bahan Membuat Resep Kue Apem

  • 150 gram gula pasir
  • 250 ml air
  • 100 gram tape singkong 
  • 150 gram tepung beras
  • 35 gram tepung terigu
  • 1 sendok teh fermipan
  • 1 sendok teh baking powder

Cara Membuat Resep Kue Apem

  1. Langkah pertama dalam membuat resep kue apem ini kita harus menyiapkan terlebih dahulu bahan-bahan dengan lengkap dan sesuai dengan anjuran yang ada di atas agar saat membuatnya, Anda lebih mudah dan tidak ribet.
  2. Langkah yang kedua, kita dapat membuat kue tersebut dengan memasak terlebih dahulu gula pasir yang direbus dengan air. Rebus hingga gula larut dan jangan sampai mendidih. Cukup hingga hangat kuku.
  3. Langkah yang ketiga, mari kita campurkan tape singkong, tepung beras, tepung terigu dan juga fermipan menjadi satu. Aduk hingga semua rata dan setelah rata, tambahkan juga rebusan gula tadi selagi hangat ke dalam adonan tadi.
  4. Langkah yang keempat, setelah bahan tepung dan bahan rebusan gula tercampur, aduk hingg rata dan jangan sampai bergerindil. Sete;ah rata, tutup pakai serbet dan diamkan selama 30 menit sampai adonan menjadi berbuih.
  5. Langkah yang kelima, setelah adonan berkembang dan berbuih, baru kita masukkan baking powdernya dan terus diaduk hingga buihnya hilang. 
  6. Langkah yang keenam, kita panaskan kukusan. Sambil menunggu kukusan panas beruap, kita siapkan terlebih dahulu adonan di tempat cetakan masing-masing. Dan beri warna sesuai selera jika Anda ingin apemnya berwarna.
  7. Langkah yang terakhir, jika adonan sudah diberi warna, cetakan jangan lupa diolesi dengan minyak. Setelah dioles minyak, isi cetakan lalu kukus kurang lebih 30 menit. Angkat.

Cara menghidangkan

Hidangkan selagi hangat dan tata di atas piring ceper, bisa juga diberi taburan kelapa parut agar lebih nikmat saat menyantapnya.

Itulah beberapa bahan serta cara yang dapat Anda coba dalam membuat resep kue apem lezat andalan kelaurga masa kini. Dengan menjadikannya kue andalan saat minum teh bersama keluarga pastinya sangat menyenangkan bukan?. Dan jangan lupa melihat Resep Kue Kering Lebaran. Terimakasih dan selamat mencoba