Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Rengginang Rasa Terasi Bawang Gurih Dan Renyah

Resep rengginang – rengginang merupakan camilan yang terbuat dari beras. Rengginang juga sudah menjadi camilan khas dari indonesia khususnya daerah jawa timur. Rengginang  dijadikan sebagai kue yang harus ada  dan wajib di perayaan idul fitri bagi masyarakat desa pada umumnya. Bahan dan caranya pun  juga sangat mudah. Oleh karena itu, tidak ada salahnya apabila mencoba untuk membuat rengginang dengan berbagai kreasi dengan datangnya idul fitri mendatang. Salah satunya dengan rengginang rasa terasi bawang.

Resep rengginang memang sangat mudah dan bahannya pun dapat dijumpai. Sehingga rengginang tetap menjadi Aneka Camilan yang harus di buat ketika perayaan idul fitri. Rasanya pun juga sangat enak dan renyah. Tentu saja akan membuat cita rasa rengginang menjadi lebih enak.  Nah, sehingga Anda perlu membuat rengginang rasa terasi bawang gurih renyah yang dapat Anda jadikan sebagai camilan saat hari raya idul fitri. Untuk lebih jelasnya, bahan dan cara membuat rengginang apa saja. Simak ulasan berikut ini!


Resep rengginang rasa terasi bawang gurih dan renyah

Resep rengginang

Di bawah ini ada beberapa bahan dan cara membuat resep rengginang yang dapat Anda pratikkan dirumah untuk dijadikan camilan bersama keluarga serta sebagai kue hari raya idul fitri. Adapun bahan dan caranya antara lain:

Bahan-bahan rengginang terasi bawang

  • 200 gram beras, kemudian cuci bersih
  • 2 sdt garam 
  • 4 siung bawang putih 
  • 2 cm terasi yang sudah dibakar
  • 1 sdt gula 

Cara membuat rengginang terasi bawang

  1. Resep rengginang yang pertama yaitu dengan  menghaluskan bumbu bawang putih, terasi, garam dan gula. Kemudian campurkan dengan air. 
  2. Campurkan beras yang sudah dicuci bersih dengan air bumbu.
  3. Selanjutnya masak  nasi yang telah di campur dengan air bumbu dengan rice cooker hingga matang. 
  4. Resep rengginang yang selanjutnya, setelah  nasi matang, aduk hingga tercampur dengan rata antara nasi yang telah matang dan biarkan dingin terlebih dahulu. 
  5. Selanjutnya siapkan tampah yang akan di jadikan wadah untuk menjemur dan membentuk adonan rengginang.
  6. Langkah selanjutnya ambil sedikit demi sedikit nasi yang telah matang  dengan membentuk bulat  atau berbentuk oval dan tata dengan rapi di tampah. 
  7. Langkah selanjutnya adonan yang telah di bentuk dijemur hingga benar-benar kering sekitar 3-5 hari. 
  8. Resep rengginang yang terakhir yaitu ketika rengginang yang telah kering, rengginang dapat di goreng hingga matang. 

Nah, itulah resep rengginang rasa terasi bawang gurih dan renyah yang dapat Anda praktikkan dirumah. Bahan dan cara yang mudah, maka segera lakukan untuk mencobanya bukan. Dan Jangan lupa untuk melihat Resep Kue Kering Lebaran. Terimakasih dan selamat mencoba