Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Puding Lumut Ala Koki Rumah Tangga

Resep Puding Lumut – Desert yang paling banyak digemari oleh sebagian orang selain kue adalah puding. Iya, pudding merupakan sajian ringan yang mampu membuat orang menjadi tergugah seleranya. Banyaknya macam pudding yang disajikan dan dijajakan membuat banyak orang berlomba-lomba dalam berkreasi dan meningkatkan lagi inovasi baru dalam membuat puding.

Tidak dapat dipungkiri jika puding desert yang paling sempurna, rasa manis dan teksturnya yang lembut membuat semua orang jatuh hati kepadanya. Dari sekian banyaknya Aneka puding, ada satu puding yang sedang populer seperti resep puding lumut yang harus Anda hidangkan kepada keluarga di rumah. Penasaran dengan cara dan bahannya? Ada baiknya Anda meluangkan waktu sejenak untuk mengetahuinya.


Resep Puding Lumut Lezat

Resep Puding Lumut

Terdapat beberapa bahan dan cara dalam mengolah resep puding lumut yang harus Anda coba dan santap bersama keluarga saat berkumpul bersama. Simak penjelasan singkatnya di bawah ini!

Bahan Membuat Resep Puding Lumut

  • 12 lembar daun bawang
  • 1 bungkus agar plan atau warna
  • 1 santan kara (setara dengan 65 ml)
  • 120 gram gula putih
  • 1 butir telur (kocok)
  • Garam (secukupnya)
  • 500 ml air (dibagi 600 ml untuk pandan, 100 ml untuk agar-agar)

Cara Membuat Resep Puding Lumut

  1. Dalam membuat resep puding lumut ini, hal utama yang harus kita lakukan terlebih dahulu adalah dengan menyiapkan semua bahan yang telah dianjurkan dengan lengkap agar saat Anda membuatnya dapat mudah dan cepat selesai.
  2. Langkah yang kedua, kita iris daun pandan kecil-kecil, lalu blender dengan 600 ml air. Setelah itu kita saring dan masukkan ke dalam panci. Setelah itu sisihkan.
  3. Langkah yang ketiga, kita seduh agar-agar dengan 100 ml air, lalu satukan ke dalam panci yang berisi air daun pandan dan masukkan juga gula. Jangan lupa untuk menambahkan sedikit garam lalu aduk hingga merata dengan sempurna.
  4. langkah yang keempat, kita langsung saja nyalakan api kemudian masukkan telur dan aduk hingga perlahan. Setelah itu diamkan sampai mendidih. Ingat, jangan terlalu sering diaduk karena hal ini untuk dapat tekstur dari lumutnya.
  5. Langkah yang terakhir, kita cek apakah sudah benar-benar mendidih atau belum, setelah mendidih. Kita angkat dan langsung masukkan ke dalam cetakan sesuai dengan selera Anda yang telah dibasahi dengan air dingin terlebih dahulu. Tunggu hingga dingin dan setelah dingin, masukkan ke dalam kulkas.

Cara Menghidangkan

Sajikan pudding yang telah di letakkan di kulkas dengan memotong sesuai selera dan tata secantik mungkin di atas piring.

Nah, tidak ada salahnya bukan menghidangkan resep puding lumut ini kepada keluarga? Dengan menjadikannya sebagai menu andalan keluarga Anda. Jangan lupa untuk melihat Resep Kue Kering Lebaran. Terimakasih dan selamat mencoba :)