Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Sambal Matah, Dijamin Nendang

Resep Sambal Matah – Hampir setiap orang menyukai sajian yang sangat pedas karena hal itu merupakan makanan kesuakaannya. Dan ada juga orang yang makan tidak ada sambalnya maka akan terasa tidak makan, dan itu benar-benar terjadi. Sambal merupakan pengaruh besar yang mempengaruhi kuliner saat ini. Hampir setiap daerah terdapat sambal khasnya, untuk itu jangan takut akan sambal ya, karena akan menambah kelezatan dari makanan tersebut.

Seperti bali yang mempunyai sambal khasnya yang sangat populer yaitu resep sambal matah. Sambal ini juga mempunyai cita rasa yang unik dan berbeda dari Aneka sambal lainnya. Penasaran bukan dengan sambal matah yang akan kami berikan kepada Anda ini? Untuk mengatasi penasaran Anda maka kami akan mengajak Anda untuk melihat berikut ini.

Resep Sambal Matah

Resep Sambal Matah

Berikut ini terdapat beberapa bahan dan cara dalam membuat resep sambal matah yang wajib Anda coba dengan menyimak ulasan singkatnya di bawah ini!


Bahan Membuat Resep Sambal Matah

  • 15 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 10 cabai rawit merah
  • 3 batang serai 
  • 5 lembar daun jeruk purut 
  • 2 buah jeruk nipis
  • Minyak goreng (secukupnya)

Bumbu Lainnya

  • ½ sendok teh terasi
  • Garam (secukupnya)

Cara Membuat Resep Sambal Matah

  1. Langkah pertama dalam membuat resep sambal matah ini Anda harus menyiapkan semua bahan yang telah dianjurkan di atas dengan lengkap agar saat Anda memasaknya dengan mudah dan cepat selesai.
  2. Langkah yang kedua, kita iris iris bahan terlebih dahulu dengan bawang merah dan bawang putih yang dicincang halus, cabai rawit merah diiris halus, serai yang diambil bagian putihnya lalu iris halus, daun jeruk purut yang dibuang tulang daunnya dan diiris halus dan jeruk nipis yang diambil airnya.
  3. Langkah yang ketiga, kita camourkan semua bahan yang telah diiris halus tadi dengan menambahkan terasi yang telah dibakar terlebih dahulu, aduk hingga rata. Setelah itu panaskan minyak goreng secukupnya dan matikan api. 
  4. Langkah yang terakhir, campur minyak goreng panas-panas ke bahan iris dan tambahkan garam serta air perasan jeruk nipisnya.

Tips

Bahan utama lebih baik dicampur dan diaduk menggunakan tangan sambil sedikit diremas menggunakan jari. Agar tangan tidak panas, gunakan sarung tangan plastik. Tambahkan kecombrang sesuai selera Anda.

Cara Menghidangkan

Sajikan bersama lauk kesukaan Anda dan nasi putih hangat. Cocok digunakan sambal matah ini jadi bumbu tambahan untuk ikan bakar maupun ayam bakar.

Nah, itulah beberapa bahan yang harus Anda ketahui dalam membuat resep sambal matah ini. Melihat beberapa bahan dan cara yang mudah maka jadikan menu ini sebagai menu andalan Anda dan keluarga. Jangan lupa untuk melihat Resep Kue Kering Lebaran. Terimakasih dan selamat mencoba :)