Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Lapis Legit Spesial Ekonomis

Resep Lapis Legit Sederhana Asli Lembut, Sajian Penutup Khas Nusantara Paling Nendang Rasanya Di Lidah. Kami yakin semua dari anda sudah pernah merasakan enaknya makan lapis legit, disamping lembut teksturnya juga manis rasanya. Kue ini sering dijadikan oleh-oleh untuk saudara yang akan pulang kampung, jamuan tamu yang silaturahim kerumah atau dijadikan bisnis sampingan lewat offline/online yang dijalankan ibu-ibu rumah tangga. 

Gambar Resep Lapi Legit Prunes Ala NCC

Terdengar bahwa situs berita besar CNN menyebutkan bahwa lapis legit merupakan satu dari sekian banyak kue tradisional paling lezat didunia. Kue lapis ini sebenarnya sudah ada sejak dulu dan sampai sekarang masih terus eksis. Kepopulerannya sampai merambah ke seluruh provinsi Indonesia. Biasanya camilan ringan ini juga dijadikan hidangan saat Lebaran, Natal, Imlek dan hari besar lainnya.

Bahan dasar pembuatan lapis legit terbilang sederhana yaitu tepung terigu, kuning telur, gula dan mentega. Kue basah ini terbilang unik karena memiliki banyak lapisan yang beraroma khas. Penggunaan telur disini harus banyak, minimal puluhan tergantung besar atau tidaknya kue yang mau dihasilkan.

Baca Juga : Resep Cara Membuat Kue Lapis Surabaya

Pembuatan snack ringan ini memang terbilang gampang gampang susah. Perlu ketelatenan dan ketelitian dalam membuatnya karena dari setiap proses tidak bisa sembarangan. Jika tepat dalam membuatnya maka hasil yang didapatkan tentu maksimal dan rasa juga akan menggoyang lidah. Yang pasti harus sabar dan tidak terburu-buru, dijamin proses yang panjang akan terbayar dengan citarasa yang legit.

Yang paling penting dalam pembuatan lapis legit adalah ukuran ketebalan setiap lapisnya, semua harus sama merata, jangan sampai ada yang ketipisan atau ketebalan. Nah bagi anda yang memang pecinta masakan kue, anda pastinya tertantang untuk mencoba bikin kue ini. Barangkali disekitar anda belum ada yang menjualnya. Anda bisa menjadikannya sebagai camilan ringan dirumah atau tambahan menu jualan snack ringan.

RESEP KUE LAPIS LEGIT COCOK UNTUK SUGUHAN RUMAH

BAHAN :
300 gram mentega wysman
300 gram gula halus
200 gram mentega segitiga
60 gram tepung terigu
30 butir kuning telur
20 gram susu bubuk full cream
4 sdm susu kental manis
vanili secukupnya

CARA MEMBUAT LAPIS LEGIT :
  1. Pertama, semua telur dimasukkan dalam wadah ukuran besar. Langkah ini dilakukan untuk mempermudah mengambil kuningnya saja, cukup dengan menggunakan sendok.
  2. Selanjutnya, siapkan wadah lain, campur mentega wysman dan segitiga lalu kocok dengan mixer sampai mengembang. Lalu masukkan susu kental manis sambil dikocok terus hingga tercampur merata.
  3. Berikutnya, siapkan wadah lagi, 30 kuning telur yang sudah dipisahkan dari putihnya dicampur dengan gula. Kocok bersama dengan vanili bubuk sampai mengental dan mengembang.
  4. Setelah itu, siapkan wadah satu lagi, campur susu bubuk dengan tepung terigu sampai rata. Kemudian campur adonan telur dan mentega kedalam campuran tepung sambil diaduk terus sampai semua bahan menyatu.
  5. Siapkan loyang berukuran 20x20x7, oles dengan mentega secukupnya, taburi sedikit tepung dan alasi dengan kertas roti. Setelah itu, ambil sesendok adonan, ratakan sampai datar lalu panggang selama kurang lebih 15 menit menggunakan oven yang ada api atas dan bawah (oven listrik) hingga matang kecoklatan.
  6. Jika sudha, keluarkan dan tekan-tekan sedikit agar permukaan lebih merata. Kemudian tuang lapisan berikutnya dan ratakan lagi dengan sendok. Panggang kembali dengan api atas saja, ulangi sampai adonan habis.
  7. Terakhir, oven dinyalakan lagi dengan api atas bawah, panggang kue yang sudah menumpuk lapisannya sampai benar-benar matang. Angkat dan biarkan sampai dingin. Sajikan dengan dipotong-potong sesuai selera.